Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK ARBI PRINTING DENGAN MENGGUNAKAN METODE BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM)

WAWAN SAPUTRA, - (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK ARBI PRINTING DENGAN MENGGUNAKAN METODE BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Skripsi lengkap kecuali bab IV dan V.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
Bab IV-V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan sebuah bentuk keseluruhan dari kegiatan bisnis yang dilaksanakan mulai dari kegiatan perencanaan, penentuan harga, mempromosikan, dan menyalurkan barang dan jasa dengan tujuan memuaskan dan memenuhi kebutuhan konsumen. Arbiprinting merupakan UKM yang bergerak dalam industri percetakan khususnya digital printing. Sukses dan berkembangnya suatu bisnis dilihat dari kemampuan pelaku usaha dalam menjalankan fungsi pemasaran. Strategi pemasaran yang digunakan Arbiprinting sekarang masih hanya mengandalkan pada kegiatan promosi. Dari hasil observasi diketauhi bahwa konsumen cenderung akan memilih tempat yang lebih besar dan terkenal namanya di kalangan masyarakat. Dengan kata lain permasalahan ini berhubungan dengan Branding dan posisi perusahaan di pasar. Bedasarkan permasalahan yang ada pada latar belakang maka peneliti melakukan analisis dengan menggunakan metode BCG (Boston Consulting Group) dan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Dengan menggunakan Metode BCG dan QSPM maka dapat diketahuai posisi usaha dipasar dan merumuskan strategi pemasaran dalam meningkatkan pertumbuhan usaha bedasarkan faktor internal dan eksternal perusahaan. Hasil matriks BCG (Boston Consulting Group) menunjukan bahwa posisi Arbiprinting berada pada kuadran Questions Mark. Dengan tingkat pertumbuhan pasar sebesar 15,3% dan memiliki pangsa pasar relatif sebesar 0,8, Ini menunjukan bahwa Arbiprinting memiliki tingkat pertumbuhan pasar yang tinggi dan pangsa pasar relatif yang rendah. Hasil analisis matriks QSPM strategi yang paling tepat untuk di terapkan Arbiprinting adalah melakukan pengembangan produk dengan tetap menjaga kulitas produk dan harga yang tetap mampu bersaing dengan skor TAS sebesar 6,47 Kata Kunci : Analisis QSPM, Metode BCG, Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 May 2023 01:17
Last Modified: 30 May 2023 01:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71159

Actions (login required)

View Item View Item