Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KARAKTERISTIK KAUM MUNAFIK DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-MUNAFIQUN (Studi Komparatif Antara Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al-Mishbah)

ARI PUTRA ARTA, - (2023) KARAKTERISTIK KAUM MUNAFIK DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-MUNAFIQUN (Studi Komparatif Antara Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al-Mishbah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Ari Putra Arta Program Studi : Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Judul : KARAKTERISTIK KAUM MUNAFIK DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-MUNAFIQUN (Studi komparatif antara Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al- Mishbah) Banyaknya fenomena-fenomena yang dialami Nabi Muhammad saw. pada saat diangkat dan diutus menjadi Rasulullah, bermula saat perkembangan dakwah agama Islam mulai menyebar. Sifat munafik sering terjadi dikalangan orang-orang yang baru memeluk agama Islam. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik kaum munafik dalam al-Qur’an surat al-Munafiqun (studi komparatif antara tafsir Ibnu Katsir dan Al-Mishbah). Penelitian ini difokuskan kepada penafsiran dari kedua tafsir yaitu kitab Ibnu Katsir al-Qur’anul ‘adzim karya tokoh Imam Utama al-Hafidz Imamudin Abu Fida’ Ismail bin Amr bin Katsir bin Dhau bin Katsir bin Zar al-Bashrii ad-Dimasqyi dan kitab tafsir al-Mishbah karya Muhammad Quraish Shihab. Secara umum penelitian ini termasuk salah satu penelitian yang bersifat kepustakaan (library research), dengan menggunakan metodologi muqarran. Riset ini menghasilkan bahwasanya karakteristik kaum munafik dalam surat al-Munafiqun pada penafsiran Kitab Ibnu Katsir dan penafsiran Kitab al- Mishbah saling terkait. Kaum munafik yaitu kaum yang berpaling dari keimanan dan kebenaran, mereka senantiasa melakukan kerusakan di muka bumi, mengajak kepada keburukaan dan menghalang-halangi orang lain untuk berbuat kebaikan. Tanpa mereka sadari, mereka merusak tatanan kehidupan di bumi, baik tanaman, binatang ternak, maupun manusianya sendiri. Sesungguhnya orang-orang munafik telah dimasukkan ke dalam golongan kafir oleh Allah swt. dan kelak akan disiksa di akhirat karena perbuatan mereka selama di dunia. Kata Kunci : Karakteristik, Munafik, Al-Qur’an Surat Al-Munafiqun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 26 May 2023 08:11
Last Modified: 26 May 2023 08:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71139

Actions (login required)

View Item View Item