Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI KESEPIAN PADA LANSIA DI UPT PELAYANAN SOSIAL TRESNA WERDHA KHUSNUL KHOTIMAH DINAS SOSIAL PROVINSI RIAU

DESTI LESTARI, - (2023) PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI KESEPIAN PADA LANSIA DI UPT PELAYANAN SOSIAL TRESNA WERDHA KHUSNUL KHOTIMAH DINAS SOSIAL PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I- BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah kesepian pada lansia. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah tersisih dari kelompoknya, tidak diperhatikan oleh orang-orang sekitar dan orang yang disayangi, terisolasi dari lingkungan, tidak ada seseorang tempat berbagi rasa dan pengalaman, dan seseorang harus sendiri tanpa ada pilihan yang menyebabkan para lansia timbul rasa kesepian karena menilai dirinya sebagai orang yang tidak berharga, tidak diperhatikan dan tidak dicintai. Melalui konseling kelompok ada pengungkapan dan pemahaman masalah klien, penelusuran sebab-sebab terjadinya masalah, upaya pemecahan masalah, kegiatan evaluasi dan tindak lanjut untuk para lansia yang mengalami kesepian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan konseling kelompok dalam mengatasi kesepian pada lansia di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah Dinas Sosial Provinsi Riau. Adapun jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif . Sumber data peneliti adalah terdiri dari dua konselor dan tiga lansia. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis yaitu konseling kelompok dalam mengatasi kesepian pada lansia melalui empat tahapan yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran. Adapun cara mengatasi kesepian pada lansia adalah memberikan kegiatan rutin, melakukan permainan, video call, berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 25 May 2023 02:44
Last Modified: 25 May 2023 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71098

Actions (login required)

View Item View Item