Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI-NILAI TASAWUF DALAM QS AL-KAHFI [18]: 27-46 (Analisis Terhadap Penafsiran Muhammad Utsman Abdullah Al-Mirghani Dalam Kitab Taj al-Tafasir li Kalam al-Malik al-Kabir)

TUAN MUHAMMAD ZULHAIRI, - (2023) NILAI-NILAI TASAWUF DALAM QS AL-KAHFI [18]: 27-46 (Analisis Terhadap Penafsiran Muhammad Utsman Abdullah Al-Mirghani Dalam Kitab Taj al-Tafasir li Kalam al-Malik al-Kabir). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul, “Nilai-Nilai Tasawuf Dalam QS al-Kahfi [18]: 27-46 (Analisis Terhadap Penafsiran Muhammad Utsman Abdullah Al-Mirghani Dalam Kitab Taj Al-Tafasir li Kalam Al-Malik Al-Kabir)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai tasawuf dalam QS al-Kahfi [18]: 27-46 di dalam kitab tafsir Taj al-Tafasir li Kalam al-Malik al-Kabir karya Muhammad Utsman Abdullah Al-Mirghani. Muhammad Ustman Abdullah Al-Mirghani adalah seorang ulama’ yang dikenal sebagai salah satu tokoh sufi sekaligus ahli tafsir. Hal tersebut menjadi asumsi dasar dalam penelitian ini bahwa produk tafsir yang dihasilkan oleh Al-Mirghani tidak terlepas dari pengaruh sufistik yang dimilikinya. Oleh karena itu penelitian ini mengajukan dua rumusan pertanyaan sebagai berikut: pertama, bagaimana bentuk penafsiran Muhammad Utsman Abdullah Al-Mirghani terhadap QS al-Kahfi [18]: 27-46? Kedua, apa saja nilai-nilai tasawuf yang terkandung dalam penafsiran Muhammad Utsman Abdullah Al-Mirghani terhadap QS al-Kahfi [18]: 27-46? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut penulis menggunakan metode tafsir tematik dan menggunakan jenis penelitian library research serta menggunakan teknik analisis data content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penafsiran Muhammad Utsman Abdullah Al-Mirghani terhadap QS al-Kahfi [18]: 27-46 menggunakan metode tafsir ijmali yang bersumber dari ayat al-Qur’an dan hadis, dan memiliki corak tafsir sufi al-isyari. Selain itu peletakan asbabun nuzul diakhir pembahasan tafsir menunjukkan bahwa al-Mirghani ingin memudahkan pembaca memahami tafsirnya. Adapun nilai-nilai tasawuf yang terkandung dalam QS al-Kahfi [18]: 27-46 adalah sabar, zuhud, ikhlas, syukur, dan wara’. Kata Kunci: Tasawuf, Al-Kahfi, Tafsir, Al-Mirghani, Taj al-Tafasir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 24 May 2023 02:38
Last Modified: 24 May 2023 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71033

Actions (login required)

View Item View Item