Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KAMPAR KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR

ZUL AZIZAN ALBI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KAMPAR KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
kecuali bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di madrasah aliyah negeri 1 kampar kecamatan kuok kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 94 orang siswa sehingga teknik pengambilan sampelnya merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di madrasah aliyah negeri 1 kampar kecamatan kuok kabupaten kampar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan diperoleh besarnya Rsquare sebesar 0,177, hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel penggunaan media pembelajaran visual terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 17,7% (0,177x100%), sedangkan selebihnya 82.3% dipengaruhi oleh factor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dan berdasarkan tingkat kekuatan pengaruh penggunaan media pembelajaran visual terhadap minat belajar siswa dapat ditentukan dengan menginterpretasikan nilai koefisien korelasi sebesar (0,421) kedalam tabel interpretasi. Maka diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,421 berada pada interval 0,40 – 0,599 dengan tingkat hubungan “cukup kuat” dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat korelasi antara variabel penggunaan media pembelajaran visual dan minat belajar siswa serta hubungan antara kedua variabel bersifat positif, atau dengan makna lain semakin meningkatnya penggunaan media pembelajaran visual maka akan semakin meningkat pula minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 May 2023 04:14
Last Modified: 23 May 2023 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71017

Actions (login required)

View Item View Item