Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR1 DI SMK MUHAMMADIYAH 3 TERPADU PEKANBARU

SYAHRIZAL KAMIL, - (2023) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR1 DI SMK MUHAMMADIYAH 3 TERPADU PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Syahrizal Kamil, (2022) : Pengaruh Model Pembelajaran FlippedClassroom terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar 1 di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran akuntandi dasar 1 di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemandirian belajar siswa di SMK Muhammadiyah Terpadu Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Non Equivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 56 orang siswa, oleh karena itu menggunakan semua populasi sebagai sampel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objek pada penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa taraf signifikan 5 % (1,673) dan 1% (2,397) atau 1,673<2,536> 2,397 yang berarti maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan kemandirian belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran akuntansi dasar di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Kata Kunci : Model Pembelajaran Flipped Classroom, Kemandirian Belaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 May 2023 04:42
Last Modified: 23 May 2023 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71012

Actions (login required)

View Item View Item