Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENEMUKAN CORAK DAKWAH WAL HARAKAH DALAM AYAT-AYAT DAKWAH AMAR MAKRUF NAHI MUNGKAR (Studi Kitab Tafsir Al-Azhar Buya Hamka)

MHD. MUSLIH, - (2023) MENEMUKAN CORAK DAKWAH WAL HARAKAH DALAM AYAT-AYAT DAKWAH AMAR MAKRUF NAHI MUNGKAR (Studi Kitab Tafsir Al-Azhar Buya Hamka). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Menemukan Corak Dakwah Wal Harakah Dalam Ayat-Ayat Dakwah Amar Makruf Nahi Mungkar (Studi Kitab Tafsir Al-Azhar Buya Hamka)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya hambatan ataupun rintangan dalam menyampaikan dakwah, hal ini mendorong penulis untuk mengemukakan bagaimana corak dakwah wal harakah dalam tafsir al-Azhar karya buya Hamka, sehingga bisa mengetahui cara dakwah buya Hamka melalui penafsirannya, karena beliau merupakan salah satu ulama tafsir yang semasa hidupnya aktif dalam menyampaikan dakwah Islamiyah, apalagi dakwah beliau sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia dan hingga mancanegara. Jenis penelitian ini adalah perpustakaan (Library Research), yang bersifat deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan metode maudhu'i (tematik), yaitu membahas ayat-ayat al-Qur’an sesuai dengan tema atau judul yang telah ditetapkan. Hasil dari penelitian ini adalah; bahwasanya terdapat 7 bentuk corak dakwah wal harakah dalam penafsiran ayat-ayat amar makruf nahi mungkar dalam tafsir al-Azhar karya buya Hamka: Pertama, pendakwah haruslah memupuk kebaikan terhadap dirinya sendiri, yaitu dengan memupuk kepercayaan iman kepada Allah SWT. Kedua, membentuk pendapat umum yang baik, atau publik opini tentang kebaikan Islam. Ketiga, berdakwah kepada pemimpin atau orang yang berkuasa. Keempat, pendakwah harus memiliki kebebasan kemauan, kebebasan menyatakan fikiran, dan kebebasan jiwa dari keraguan. Kelima, berdakwah harus dengan cara yang hikmah, mau’izhah hasanah, dan jadilhum billati hiya ahsan. Keenam, berdakwah harus memiliki sikap pantang mundur. Ketujuh, memanfaatkan teknologi sebagai media dakwah. Adapun ayat-ayat yang dibahas untuk mencari corak dakwah wal harakah dalam tafsir al-Azhar karya buya Hamka adalah surat Ali Imran ayat 104, surat Ali Imran ayat 110, surat An-Nahl ayat 125, dan surat Al-Qasas ayat 87. Kata Kunci: Corak, Dakwah Wal Harakah, Tafsir Al-Azhar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 22 May 2023 04:02
Last Modified: 22 May 2023 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71003

Actions (login required)

View Item View Item