PELAKSANAAN ZAKAT HASIL USAHA NENAS DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Pada Petani Nenas Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang)

Nurjamalia, (2011) PELAKSANAAN ZAKAT HASIL USAHA NENAS DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Pada Petani Nenas Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201144.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: “PELAKSANAAN ZAKAT HASIL USAHA NENAS DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Pada Petani Nenas Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang)”. Adapun masalah penelitiannya adalah tentang pandangan, penghitungan harta zakat hasil usaha nenas dan pendistribusiannya pada masyarakat Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan, penghitungan zakat hasil usaha nenas dan pendistribusiannya oleh petani nenas di Desa Kualau Nenas Kecamatan Tambang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket, wawancara dan observasi kepada orang yang mengalami kasus Pelaksanaan Zakat Hasil Usaha Nenas yang berjumlah 30 orang. Data primer di peroleh dari para petani nenas yang ada di Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang. Data sekunder diperoleh dari ulama’, tokoh adat, Masayarakat, ditambah dengan buku-buku yang berhubungan dengan pembahasan penelitian ini Data diperoleh melalui angket, wawancara dan observasi dianalisa dengan metode analisa data kualitatif sehingga diperoleh jawaban-jawaban tentang pelaksanaan zakat hasil usaha nenas pada masyarakat di Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Melalui penelitian ini diperoleh jawaban bahwa pelaksanaan zakat hasil usaha nenas pada masyarakat Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang. Kabupatean Kampar tidak sesuai dengan ketentuan dan syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 12 Jan 2016 05:09
Last Modified: 12 Jan 2016 05:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item View Item