PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

Faridatul Munawaroh, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201146.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerpan model pembelajaran portofolio dalam Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan model pembelajaran portofolio dalam Pendidikan Agama Islam tersebut. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru yang mengasuh mata-mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru, sedangkan objek penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran portofolio dalam pendidikan agama Islam jumlah populasi penelitian ini 10 orang yakni 8 guru dengan kepala sekolah dan waka kurikulum. Karena populasi sedikit maka penulis tidak melakukan penarikan sample kata yang diperlukan. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan dari hasil analisa data, maka dapat disimpulkan bahwa: Penerapan Model Pembelajaran Portofolio dalam Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru tergolong “Kurang Optimal”. Kurang optimalnya penerapan tersebut disebabkan beberapa faktor, yaitu faktor kurangnya waktu, fasilitas yang kurang memadai, kurangnya pengalaman guru dalam penerapan model pembelajaran portofolio dan faktor kecilnya minat guru untuk menerapkan model pembelajaran portofolio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:41
Last Modified: 21 Dec 2015 06:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item