Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“Analisis Praktek Peminjaman Modal di PNM Mekaar Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Kelurahan Lembah Lubuk Manik Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan)”

Nur Ainun Pane,, - (2023) “Analisis Praktek Peminjaman Modal di PNM Mekaar Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Kelurahan Lembah Lubuk Manik Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan)”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Ainun Pane, (2023): “Analisis Praktek Peminjaman Modal di PNM Mekaar Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Kelurahan Lembah Lubuk Manik Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan)” Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya program pemerintah dalam rangka menanggulangi kemiskinan, pemerintah memberikan program dengan menawarkan pinjaman kepada masyarakat dengan persyaratan tertentu. Salah satu Lembaga Keuangan yang berkontribusi secara efektif menyalurkan pinjaman modal usaha adalah PT. Permodalan Nasional Madani (PNM). PNM Mekaar menerapkan sistem kelompok tanggung renteng. Namun kebanyakan masyarakat Kelurahan Lembah Lubuk Manik Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan mempergunakan pinjaman tersebut untuk dirinya sendiri, bukan untuk modal usaha seperti tujuan dari PNM Mekaar tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui praktik peminjaman modal di PNM Mekaar di Kelurahan Lembah Lubuk Manik Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan data/informasi sesuai dengan keadaan asli pada lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan dan nasabah cabang PNM Mekaar di Kelurahan Lembah Lubuk Manik Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan dengan jumlah keseluruhan populasi adalah 59 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling Data primer diperoleh melalui metode wawancara dan data sekunder diambil dari rujukan kepustakaan berupa bukubuku, hasil penelitian seperti jurnal, skripsi dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik peminjaman modal di PNM Mekaar di Kelurahan Lembah Lubuk Manik Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan menggunakan sistem tanggung renteng Dalam praktiknya terdapat ketimpangan dalam pelaksanaanya. Nasabah melakukan pemalsuan dokumen dan ingkar janji terhadap dana ataupun modal usaha yang di berikan oleh Lembaga PNM Mekaar Cabang Kota Padangsidimpuan. Hal ini sudah menyalahi hukum ekonomi syariah. Kata kunci : Pinjaman, Modal, PNM Mekaar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 May 2023 03:31
Last Modified: 22 May 2023 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70991

Actions (login required)

View Item View Item