Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN JAMBU METE (Anacardium occidentale Linn) DALAM AIR MINUM TERHADAP KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL AYAM KAMPUNG UNGGUL (ULU)

M. FAJAR WAHYUDI, - (2023) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN JAMBU METE (Anacardium occidentale Linn) DALAM AIR MINUM TERHADAP KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL AYAM KAMPUNG UNGGUL (ULU). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN JAMBU METE (Anacardium occidentale Linn) DALAM AIR MINUM TERHADAP KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL AYAM KAMPUNG UNGGUL (ULU) M. Fajar Wahyudi (11880113451) Di bawah bimbingan Evi Irawati dan Jully Handoko INTISARI Daun Jambu mete (Anacardium occidentale Linn) merupakan salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai ramuan herbal karena mengandung flavonoid, tanin-galat, asam anakardiol, asam elagat, senyawa fenol, kardol, dan metil kardol. Karkas merupakan bagian ayam ras pedaging hidup, setelah di potong, dibului, dikeluarkan jeroan dan lemak abdominalnya, dipotong kepalanya dan lehernya serta kedua kakinya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak daun jambu mete (Anacardium occidentale Linn) dalam air minum terhadap karakteristik karkas ayam kampung unggul (ULU) yang meliputi bobot badan akhir, bobot karkas dan persentase karkas serta bobot lemak abdominal dan persentase lemak abdominal. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juli 2022 di UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 4 ulangan. Setiap ulangan terdiri dari 4 ekor ayam kampung sehingga jumlah ayam yang digunakan sebanyak 48 ekor. Perlakuan yang diberikan yaitu P0 : Ekstrak Daun Jambu Mete 0% dalam 1 L air, P1 : Ekstrak Daun Jambu Mete 10% dalam 1 L air, P2 : Ekstrak Daun Jambu Mete 20% dalam 1L air. Parameter yang diukur adalah bobot badan akhir, bobot karkas, persentase karkas, bobot lemak abdominal dan persentase lemak abdominal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian Ekstrak Daun Jambu Mete hingga kadar 20% dalam air minum tidak berpengaruh nyata (P0,05) terhadap bobot badan akhir, bobot karkas, persentase karkas, bobot lemak abdominal dan persentase lemak abdominal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa penggunaan ekstrak daun jambu mete pada air minum hingga level 20% belum dapat meningkatkan bobot karkas, bobot badan akhir, persentase karkas, persentase lemak abdominal dan lemak abdominal ayam kampung unggul (ULU). Kata Kunci : Ayam broiler, ekstrak daun jambu mete, bobot karkas, bobot lemak abdominal dan persentase bobot lemak abdominal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 22 May 2023 04:01
Last Modified: 22 May 2023 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70990

Actions (login required)

View Item View Item