Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Sistem Sewa Menyewa Papan Bunga di Toko Papan Bunga A.H.A Florist Perawang Barat Kecamatan Tualang Ditinjau dari Fiqih Muamalah”

Niken Neldila, - (2023) Sistem Sewa Menyewa Papan Bunga di Toko Papan Bunga A.H.A Florist Perawang Barat Kecamatan Tualang Ditinjau dari Fiqih Muamalah”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Niken Neldila (2023): “ Sistem Sewa Menyewa Papan Bunga di Toko Papan Bunga A.H.A Florist Perawang Barat Kecamatan Tualang Ditinjau dari Fiqih Muamalah” Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemilik toko papan bunga dengan penyewa papan bunga terdapat transaksi sewa-menyewa yang menyalahi ketentuan syari’at Islam dimana pihak pihak penyewa mengganti papan bunga yang rusak tanpa kesengajaan. Rumusan Masalah yang diteliti adalah bagaimana praktek sistem sewa menyewa papan bunga di Toko Papan Bunga Bunga A.H.A Florist di Perawang Barat Kecamatan Tualang dan Bagaimanakah pertanggung jawaban penyewa atas papan bunga yang disewakan di Toko Papan Bunga A.H.A Florist Perawang Barat Kecamatan Tualang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik sewa menyewa papan bunga serta pertanggung jawaban penyewa atas papan bunga yang disewakan Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) yang dilakukan di Toko Papan Bunga A.H.A Florist Perawang Barat Kecamatan Tualang dengan jumlah informan sebanyak 6 orang yang terdiri dari 1 pemilik papan bunga dan 5 penyewa papan bunga. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung dari lapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi.. Sesuai hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dimana disebabkan bukan kelalaian atau kecerobohan pihak penyewa karena terdapat transaksi sistem sewa-menyewa papan bunga yang menyalahi ketentuan syari’at Islam. Maka hal tersebut tidak sesuai dengan konsep Fiqih Muamalah yang sebenarnya yaiu rukun Ijarah yang tidak mendatangkan manfaat, sehingga antara keduanya merasa bahwa mereka dirugikan atau akan mendatangkan perselisihan di kemudian hari. Kata Kunci: Ijarah, Akad, Papan Bunga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 May 2023 07:17
Last Modified: 19 May 2023 07:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70982

Actions (login required)

View Item View Item