VIRA DASIH, - (2023) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PRODUK KOSMETIK WARDAH PADA MAHASISWI EKONOMI SYARIAH UIN SUSKA RIAU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Vira Dasih (2023) : PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PRODUK KOSMETIK WARDAH PADA MAHASISWI EKONOMI SYARIAH UIN SUSKA RIAU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH Penelitian ini dilatar belakangi oleh pertumbuhan ekonomi khususnya perusahaan produk kosmetik di Indonesia yang semakin bertambah setiap tahunnya, yang menyebabkan ketatnya persaingan dalam menarik calon konsumen dan mempertahankan pangsa pasar pada setiap perusahaan kecantikan. Untuk menarik calon konsumen dan mempertahankan pangsa pasar, perusahaan dituntut untuk memiliki strategi pemasaran yang menarik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah celebrity endorser berpengaruh terhadap minat beli produk kosmetik wardah pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah uin suska riau dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah mengenai minat beli melalui celebrity endorser di instagram. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan sumber data primer kuesioner dan sumber data sekunder yang relevan dengan penelitian. Dengan jumlah sampel sebanyak 78 orang mahasiswi jurusan ekonomi syariah UIN Suska Riau. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, dan teknik analisis data menggunakan bantuan software IBM SPSS Versi 26. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = 0,689 + 0,288 X, artinya bahwa celebrity endorser berpengaruh positif terhadap variabel minat beli. Dilihat dengan uji t dari nilai t hitung (23,452) > t tabel (1,992) atau signifikansi (0,000) < 0,05, yang berarti variabel celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli pada produk kosmetik Wardah. Untuk uji determinasi (R2) menunjukkan nilai R2 sebesar 0,879 artinya adalah bahwa sebesar 87,9% variabel minat beli dipengaruhi oleh celebrity endorser dan sisanya 12,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Pada koefisien korelasi diketahui (r) sebesar 0,937 yang artinya korelasi antara variabel celebrity endorser dengan variabel minat beli memiliki hubungan yang sangat kuat. Dari tinjauan ekonomi syariah, minat beli pada mahasiswi ekonomi syariah belum sepenuhnya sesuai dengan arahan etika dalam berkonsumsi, dimana arahan seimbang antara pengeluaran dengan pendapatan sudah sesuai tetapi arahan untuk tidak bersifat boros dan jangan bermewah-mewah belum sesuai. Kata Kunci : Celebrity Endorser, Minat Beli, Wardah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 19 May 2023 07:40 |
Last Modified: | 19 May 2023 07:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70981 |
Actions (login required)
View Item |