Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP SELF-CONFIDENCE SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BANGKINANG KOTA

NURUL AZLINA, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP SELF-CONFIDENCE SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BANGKINANG KOTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
kecuali bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Self-Confidence Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya rasa percaya diri siswa di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalen Control Group Design. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Sedangkan objek penelitian ini adalah proses pelaksanaan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom sebagai usaha untuk meningkatkan Self-Confidance siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 141 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 69 siswa, terdiri dari 34 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik pengambilan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket), dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif statistik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap Self-Confidence siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota terdapat pengaruh yang signifikan hal ini dapat di lihat dari r_hitung > r_tabel pada taraf signifikansi 5% maupun 1% sebesar 0,199 <0,569> 0,286 yaitu sebesar 0,324 atau 32,4%, Sedangkan sisanya 67,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 May 2023 07:47
Last Modified: 19 May 2023 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70980

Actions (login required)

View Item View Item