PUTRI YULYANI, - (2023) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MEMPROMOSIKAN SEKOLAH DASAR QURAN CORDOVA KECAMATAN MINAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
||
|
Text
SKRIPSI PUTRI YULYANI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Putri Yulyani Program Studi : Ilmu Komunikasi Judul : Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Mempromosikan Sekolah Dasar Quran Cordova Kecamatan Minas Penerapan komunikasi pemasaran pada lembaga pendidikan saat ini sudah menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan karena adanya persaingan yang semakin ketat antar lembaga pendidikan dalam menarik minat masyarakat khususnya terhadap lembaga pendidikan swasta berbasis islam. Salah satu lembaga pendidikan swasta berbasis islam yang turut menerapkan komunikasi pemasaran untuk mempromosikan sekolah kepada masyarakat adalah Sekolah Dasar Quran Cordova. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh pengelola sekolah dalam mempromosikan Sekolah Dasar Quran Cordova Kecamatan Minas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Quran Cordova menerapkan enam elemen komunikasi pemasaran terpadu untuk mempromosikan sekolahnya ke masyarakat diantaranya adalah Periklanan melalui spanduk, brosur, poster, stiker dan media sosial seperti Facebook dan WhatsApp, Personal Selling melalui promosi dengan orang-orang terdekat secara personal yang dilakukan oleh guruguru, Promosi penjualan dengan memberikan potongan harga dan gratis biaya pendaftaran, Hubungan masyarakat melalui program kajian parenting dan publikasi di media sosial, Pemasaran langsung melalui aplikasi chat seperti WhatsApp dan telepon, dan Komunikasi pemasaran dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh guru dan wali murid. Dari enam elemen komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan, komunikasi pemasaran dari mulut ke mulut merupakan promosi yang paling dominan dalam kegiatan mempromosikan SD Quran Cordova ke masyarakat. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran Terpadu, Promosi, SD Quran Cordova
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 17 May 2023 08:50 |
Last Modified: | 17 May 2023 08:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70963 |
Actions (login required)
View Item |