Bella Zatira, - (2023) Analisis Branding Gaya Hidup Halal Pada Media Sosial Instagram @halalcorner. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Bella Zatira Nim : 11940321883 Judul : Analisis Branding Gaya Hidup Halal Pada Media Sosial Instagram @halalcorner Gaya hidup halal merupakan kebiasaan hidup yang bersumber dari ajaran islam, mulai dari segi fashion, makanan, kosmetik serta halal media. Akun Instagram @halalcorner merupakan salah satu akun media dakwah yang menyampaikan informasi terkait gaya hidup halal. Akun Instagram @halalcorner memiliki pengikut sebanyak 242 ribu terhitung pada tanggal 9 September 2023 dengan jumlah postingan 2.771 postingan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis cara akun Instagram @halalcorner dalam membangun branding pada akunnya mengenai gaya hidup halal di media sosial. Peneliti menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Netnografi dan menggunakan 2 teori, yaitu teori Branding dan teori Konvergensi Simbolik. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam membangun branding pada akun Instagram @halalcorner, akun Instagram @halalcorner menyampaikan informasi mengenai produk-produk yang mengandung bahan haram, produk yang belum memiliki sertfikasi halal serta aturan MUI terkait toleransi beragama. Pada penelitian ini, akun Instagram @halalcorner telah sukses membangun branding yang positif untuk akun nya dimana banyak konsumen muslim yang mulai mencari informasi tentang produk yang viral dari akun tersebut agar konsumen tidak salah langka dalam mencoba produk yang sedang hits saat ini. Dengan jenis postingan yang memberikan informasi jelas dan sumber yang terpercaya, akun Instagram @halalcorner menjadi salah satu media informasi terpercaya dan sudah mendapatkan verifikasi pada akun Instagram @halalcorner ditandai dengan centang biru pada akun tersebut. Kata Kunci : Branding, Instagram, Gaya Hidup Halal, Netnografi, Halal Corner
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 17 May 2023 08:46 |
Last Modified: | 17 May 2023 08:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70960 |
Actions (login required)
View Item |