Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV)

LENI HERLINA PUTRI, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TANPA BAB IV.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis reciprocal teaching pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) yang valid, praktis dan efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaktersediaannya LKS berbasis reciprocal teaching di SMA Negeri 1 Kampar dan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kampar tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan LKS berbasis reciprocal teaching dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal tes. Data dianalisis dengan tekhnik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS berbasis model reciprocal teaching yang dikembangkan termasuk kedalam kategori sangat valid (89,65%) dan sangat praktis (85,50% untuk kelompok kecil dan 86,61% untuk kelompok terbatas). Nilai thitung sebesar 2,26844 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,9944 maka thitung > ttabel atau 2,26844 > 1,9944, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen juga lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 76,75 lebih besar dari kelas kontrol 65,42. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis reciprocal teaching ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Model Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 May 2023 08:38
Last Modified: 22 May 2023 01:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70959

Actions (login required)

View Item View Item