Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

RIDA FITRI, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
kecuali bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan smartphone terhadap interaksi sosial mahasiswa Pendidikan ekonomi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada mahasiswa pendidikan ekonomi yang menggunakan smartphone saat perkuliahan berlangsung ketika dosen menjelaskan materi didalam kelas salah satunya kurang berinteraksi sosial. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomiangkatan 2022. Objek dalam penelitian ini yaitu penggunaan smartphone dan interaksi sosial. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 112 mahasiswa, sedangkan sampelnya 88 mahasiswa yang diambil dengan teknik Stratified Purposive Random Sampling menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan smartphone terhadap interaksi sosial mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Hasil ini terbukti dari perbandingan rhitung dengan rtabel didapati bahwa rhitung lebih besar dari rtabel baik untuk kesalahan 5% maupun 1% (0,209 < 0,498) > 0,176), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kontribusi pengaruh penggunaan smartphone terhadap interaksi sosial adalah sebesar 29,1%. Ini berarti variabel independen penggunaan smartphone mempengaruhi variabel dependen interaksi sosial sebesar 29,1%, sedangkan sisanya 70,9% (100%-29,1%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 May 2023 08:42
Last Modified: 17 May 2023 08:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70951

Actions (login required)

View Item View Item