Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM KEHARMONISAN RUMAH TANGGA MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DI DESA PASIR KEMILU KECAMATAN RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU

EFALDO WAN ABDILLAH, - (2023) PERAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM KEHARMONISAN RUMAH TANGGA MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DI DESA PASIR KEMILU KECAMATAN RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI EFALDO WAN ABDILLAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Efaldo Wan Abdillah, (2023): Peran Komunikasi Keluarga Dalam Keharmonisan Rumah Tangga Menurut Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Desa Pasir Kemilu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu) Komunikasi dalam sebuah keluarga memegang peran yang sangat penting, karena dalam sebuah keluarga keharmonisan keluarga tersebut ditentukan oleh lancar atau tidaknya komunikasi dalam keluarga. Penyebab utama terjadinya perceraian di desa pasir kemilu dipicu oleh komunikasi yang buruk terjadi dalam keluarga. Sehingga terjadi beberapa kasus perceraian di desa pasir kemilu disebabkan buruknya komunikasi dalam keluarga mereka. Penelitian ini akan fokus pada rumusan masalah yaitu : Bagaimana peran komunikasi keluarga yang baik dalam keharmonisan rumah tangga pasangan di desa Pasir Kemilu, Apa dampak dari komunikasi keluarga yang buruk dalam rumah tangga keluarga di desa Pasir Kemilu, Bagaimana komunikasi yang baik menurut tinjauan perspektif Hukum Islam. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran komunikasi keluarga dalam keharmonisan rumah tangga menurut perspektif hukum Islam di desa Pasir Kemilu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Adapun metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Yang berlokasi di desa Pasir Kemilu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, metode yang digunakan ada lah deskriptif kualitatif. Sumber yang dipakai meliputi sumber primer yaitu: melakukan wawancara terhadap 10 orang informan yang merupakan anggota keluarga di desa Pasir Kemilu, baik yang sudah pernah bercerai maupun yang memelihara rumah tangga harmonis. Sumber sekunder yaitu buku-buku terkait pembahasan pada penelitian ini. Hasil penenelitian ini mengungkapkan bahwa komunikasi keluarga yang baik yang dipraktekkan dalam rumah tangga masyarakat desa Pasir Kemilu memberikan banyak manfaat yang positif dalam keharmonisan dan kerukunan rumah tangga. Di antara manfaat tersebut yaitu seperti membangun kehangatan dan kedamaian dalam rumah tangga, saling memahami perasaan satu sama lain, dan juga dapat saling menghargai dan mengalah ketika dihadapkan suatu masalah. Sedangkan komunikasi keluarga yang buruk yang dipraktekkan oleh rumah tangga masyarakat desa Pasir Kemilu memicu banyak terjadinya permasalahan dalam rumah tangga, seperti menyebabkan pasangan saling tidak peduli dan terjadinya pertengkaran yang berujung perceraian. Dalam ajaran agama Islam banyak memerintahkan umatnya untuk berkomunikasi yang baik. Dalam surah An-Nisa’ ayat 148 Allah mengatakan bahwa Allah tidak menyukai perkataan buruk, firman Allah tersebut tentunya juga menjadi acuan bagi umatnya untuk menciptakan komunikasi yang baik dalam kelompok terkecil dalam masyarakat seperti keluarga. begitu pula Allah meminta umatnya untuk melunakkan suara ketika berkomunikasi. Hal ini sesuai dengan firman-Nya dalam Surah Luqman ayat 19. Katakunci: Peran Komunikasi Keluarga, Keluarga Sakinah, Keharmonisan Rumah Tangga, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 May 2023 05:54
Last Modified: 17 May 2023 05:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70939

Actions (login required)

View Item View Item