Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENDIRIAN YAYASAN DI KOTA PEKANBARU DITINJAU DARI UNDANG- UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2004 TENTANG YAYASAN

Reva Riswan (2015) PENDIRIAN YAYASAN DI KOTA PEKANBARU DITINJAU DARI UNDANG- UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2004 TENTANG YAYASAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penilitian yang penulistulisinidilatarbelakangiolehpengamatanpenulisterhadapbanyaknyayayasan yang berdiri di Kota Pekanbarusesuaidenganjudulnyapenulisyaitu‘’PENDIRIAN YAYASAN DIKOTA PEKANBARU DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2004 TENTANG YAYASAN”Pendirianyayasantersebutharusdidaftarkan di MentriHukumdan Ham yang didaftarkanolehNotaris. Dari Latarbelakangdiatas,Permasalahan yang ditelitiadalahBagaimanaPendirianyayasanberdasarkanundang-undangNomor 28 Tahun 2004 Tentangyayasan di Kota Pekanbaru. ApakahHambatan yang terjadiDalamPendirianyayasandanBagaimanaupayaMengatasihambatan yang terjadiDalamPendirianyayasan.Penilitianinibertujuanuntukmengatasisupayatidakadalagiyayasan yang tidakmendaftarkanyayasannyakepadaMentriHukumdanHakAzaziRepublik Indonesia.DalamPenelitianinijenisPenilitian yang digunakanyaituPenelitianHukumSosiologis,dengancaraPenelitiansurvaiartinyasuatuPenelitian yang dilakukanpenulissecaralangsungkelapanganuntukmemperolehinformasi. SedangkanapabiladilihatdarisifatPenelitianinimenggunakansifatdeskriftifartinyapenelitianinidapa tmenggambarkanatausecarajelastentangapa yang menjadiRumusanMasalahdalampenelitian. Adapun yang menjadiPopulasidalamPenelitianiniadalah : 1 (Satu) Orang Kepala Kantor Wilayah KementerianHukum Dan HakAsasiManusiaRepublik Indonesia Provinsi Riau,10(sepuluhPuluh) Orang Notaris di Pekanbaru, 50Orang Yayasan yang didirikan sebelum berlaku undang-undang Nomor 28 tahun 2004 di Kota Pekanbaru. Adapun yang menjadiSampel dalampenelitianiniadalah : 1 (satu) orang Kepala Kantor Wilayah KementerianHukum Dan HakAsasiManusiaRepublik Indonesia ditetapkan dengan metode sensus, 5 (Lima) orang Notaris di Pekanbaru ditetapkan dengan metode purposive Samplingdan5 (lima) orang ketua yayasan yang didirikan sebelum undang-undang Nomor 28 Tahun 2004 ditetapkan dengan metode purposive Sampling. Dari PenelitianinidapatdisimpulkanbahwaPendirianyayasanDi Kota PekanbaruDitinjau Dari Undang-UndangNomor 28 Tahun 2004 TentangyayasanDikotaPekanbaruyaituDengancaraMengajukanNamayayasan yang akandidirikankepadaNotaris,kemudianNotarisMengajukanKepadaMentriHukumdanHakAsasiManusiaRepublik Indonesia. ApabilatidakadapersamaanNamaYayasan,MakaPendiriyayasansudahbisaMendirikanYayasanters ebut. Faktor Penyebab Yayasan yang tidak mendaftarkan kepada Mentri Hukum dan Hak Asasi Republik Indonesiayaitu tidak lengkapnya syarat-syarat untuk melakukan pengesahan sebagai badang hukum seperti tidak jelasnya asal usul harta kekayaan yayasan, tidak jelas yayasan masih mempunyai atau menjalankan kegiatan yayasan, Banyaknya pengurus yayasan yang sudah Meninggal Dunia serta tidak jelasnya keabsahan harta yayasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 09 Sep 2016 07:37
Last Modified: 09 Sep 2016 07:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7092

Actions (login required)

View Item View Item