Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Praktek Upah Mengupah Pemeliharaan Kerbau di Desa Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabaupaten Kampar Prespektif Fkih Muamalah

Rara Sumita.M, - (2023) Analisis Praktek Upah Mengupah Pemeliharaan Kerbau di Desa Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabaupaten Kampar Prespektif Fkih Muamalah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rara Sumita.M (2023): Analisis Praktek Upah Mengupah Pemeliharaan Kerbau di Desa Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabaupaten Kampar Prespektif Fkih Muamalah. Penelitian ini membahas tentang mekanisme upah mengupah pemeliharaan kerbau di Desa Kuntu Kecamtan Kampar Kiri Kabupaten Kampar, penelitian ini di latarbelakangi adanya ketidakjelasan akad upah mengupah pemeliharaan kerbau di Desa Kuntu. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek sistem upah mengupah pemeliharaan kerbau di Desa Kuntu, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem upah mengupah pemeliharaan kerbau di Desa kuntu kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch) dengan populasi berjumlah 26 orang, yang terdiri dari 13 orang pemilik hewan ternak dan 13 orang pemelihara hewan ternak kerbau, dengan menggunkan teknik random sampling yang dipiliah secara acak berjumlah 10 orang, sumber data ini diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Metode yang menggambarkan dan mengungkapkan fakta yang apa adanya sesuai dengan kenyataan yang diamati, yang ada kaitanya dengan permasalahan yang dibahas sehingga dapat diambil kesimpulan secara tepat sesuai dengan pokok permasalahan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa praktek upah mengupah pemeliharaan kerbau di Desa Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar yaitu memakai sistem turun temurun berupa upah yang tidak berbentuk uang melainkan berbentuk hewan ternak kerbau dari hasil pemeliharaan dapat dipahami melalui al-‘Urf. Al-urf dapat dijadikan dasar dalam menetapkan hukum yang berkaitan dengan muamalah selama Al-Urf tidak bertantantangan dengan syari’at Islam, sistem upah mengupah pemeliharhaaraan kerbau yang terjadi di Desa Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar ini karena sudah berlangsung lama dan turun temurun menjadi adat istiadat maka termasuk kedalam ‘Urf yang Shahih yang tidak menyalahi ketentuan akidah dan syariah serta akhlak yang alami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 May 2023 06:17
Last Modified: 17 May 2023 06:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70918

Actions (login required)

View Item View Item