Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PENDAMPINGAN KADER POS PELAYANAN TERPADU (POSYANDU) SENYUM BALITA DALAM PENANGGULANGAN STUNTING DI DESA KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Hermila Lubis, Hermila (2023) PERAN PENDAMPINGAN KADER POS PELAYANAN TERPADU (POSYANDU) SENYUM BALITA DALAM PENANGGULANGAN STUNTING DI DESA KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya anak stunting berjumlah 4 orang di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Dengan adanya Peran Kader Posyandu diharapakan dapat meningkatkan kesehatan dan wawasan yang dapat merubah perilaku dan pola pikir masyarakat tetang pentingnya kesehatan. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah Peran Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Senyum Balita Dalam Penanggulangan Stunting. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Peran Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Senyum Balita Dalam Penanggulangan Stunting di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan informan berjumlah 5 orang 1 orang sebagai informan kunci dan 4 orang informan pendukung. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi datadan penarikan kesimpulan, untuk mengukur keabsahan dilakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini memeperlihatkan beberapa Peran Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Dalam Penanggulangan stunting adalah sebagai fasilitator dalam pelayanan kesehatan, peran kader yang dilakukan adalah kader melakukan pelayanan kepada masyarakat melalui hari buka posyandu mulai dari pendaftaran, penimbangan pencatatan, berdsarkan data bahwa kader posyandu sudah melakukan tugasnya secara maksimal. Peran kader sebagai motivator dalam penyuluhan, peran kader memberikan penyuluhan kepada masyarakat melalui sosialisasai dan penyuluhan mengenai stunting, berdasarkan data bahwa kader posyandu dalam melakukan sosilalisasi dan penyuluhan belum dilakukan secara maksimalkan berdasarkan data laporan yang diterima oleh Bidan Desa Kualu Nenas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kader Posyandu
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 17 May 2023 04:46
Last Modified: 17 May 2023 04:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70916

Actions (login required)

View Item View Item