PROSES PENYEMBELIHAN AYAM DENGAN MENGGUNAKAN WATER STUNNING DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM ( STUDI KASUS SYARIKAT HR GREEN, SELAMA, PERAK )

Siti Aminah Binti Sedek, (2011) PROSES PENYEMBELIHAN AYAM DENGAN MENGGUNAKAN WATER STUNNING DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM ( STUDI KASUS SYARIKAT HR GREEN, SELAMA, PERAK ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201141.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

vi Skripsi ini berjudul “PROSES PENYEMBELIHAN AYAM DENGAN MENGGUNAKAN WATER STUNNING DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus Syarikat Hr Green, Selama, Perak)” dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis mengenai penggunaan water stunning sebelum penyembelihan dilakukan dikebanyakkan pabrik besar bagi penghasilan pengeluaran ayam yang banyak. Dari latar belakang diatas,permasalahan yang diteliti adalah bagaimana cara pelaksanaan penyembelihan dengan mengunakan water stunning di Syarikat HR. Green, Selama, Perak dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penyembelihan menggunakan water stunning tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan di Jabatan Agama Islam Perak (JAIP) dan Syarikat (PT) HR. Green. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di JAIP adalah 9 orang yang terlibat dibagian Penyelidikan dan di PT HR Green, Selama, Perak berjumlah 8 orang. Dalam penelitian ini tidak memakai sampel karena jumlahnya yang sedikit. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari JAIP dan PT HR. Green yang melakukan penyembelihan menggunakan water stunning dan sumber data skunder yaitu data pendukung yang diperoleh dari pelbagai dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyembelihan dengan menggunakan water stunning misalnya di Syarikat HR Green, Selama, Perak dan mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap penyembelihan menggunakan water stunning. Dengan metode pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan metode deskriptif yaitu digambarkan melalui kata-kata dengan teknik penulisan deduktif, induktif dan deskriptif. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah kesimpulan bahwa Proses Penyembelihan Ayam Dengan Menggunakan Water Stunning Ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Syarikat Hr Green, Selama, Perak) adalah harus berdasarkan Muzakarah Khas Jawatankuasa Fatwa Majelis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Ugama Islam. Adapun penggunaan sentrum listrik pada awalnya tidak digalakkan karena menyakiti hewan sebelum disembelih. Akan tetapi, setelah stunning ini mendapat kebenaran dari fatwa bahwa penyembelih yang menggunakan water stunning harus bertepatan mengikuti panduan parameter arus listrik yang dikawal oleh pihak bertauliah serta mengetahui ayam berkenaan benar-benar mati karena sembelihan, bukan karena sentrum listrik tersebut agar tidak bertentangan dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 12 Jan 2016 05:07
Last Modified: 12 Jan 2016 05:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item