Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI TENNIS VERBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SDN 008 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

ARTIKA WAHYUNI, - (2023) PENERAPAN STRATEGI TENNIS VERBAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SDN 008 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARTIKA WAHYUNI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Artika Wahyuni, (2023): Penerapan Strategi Tennis Verbal untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama siswa melalui strategi tennis verbal pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kerjasama siswa. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 14 orang siswa. Objeknya adalah strategi tennis verbal untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis dekskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi tennis verbal dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan presentase kemampuan kerjasama siswa hanya 45% atau berada pada kategori kurang. Kemudian setelah strategi tennis verbal diterapkan, pada siklus I pertemuan pertama persentasinya naik menjadi 75%, dan pada pertemuan kedua naik lagi menjadi 80%. Kemudian pada siklus II pertemuan ketiga kemampuan kerjasama siswa juga meningkat menjadi 86,25% dan pada pertemuan keempat persentasenya mencapai 93,75% atau berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi tennis verbal dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung. Kata kunci: Strategi Tennis Verbal, Kemampuan Kerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 May 2023 04:20
Last Modified: 16 May 2023 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70889

Actions (login required)

View Item View Item