Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH NOMOR 12 TAHUN 2008 TENTANG KETERTIBAN SOSIAL OLEH DINAS SOSIAL DI KECAMATAN BINAWIDYA KOTA PEKANBARU DITINJAU DARI FIQH SIYASAH

Muthia Maghfira Arrahmah, Muthia (2023) PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH NOMOR 12 TAHUN 2008 TENTANG KETERTIBAN SOSIAL OLEH DINAS SOSIAL DI KECAMATAN BINAWIDYA KOTA PEKANBARU DITINJAU DARI FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya pelaksanaan rehabilitasi sosial yang dilakukan Dinas Sosial Kota Pekanbaru untuk menciptakan ketertiban sosial dan kesejahteraan sosial, salah satunya ditujukan kepada para pengemis di Kota Pekanbaru yang memiliki masalah sosial dan telah ditetapkan oleh Pemeritahan Kota Pekanbaru dalam Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 12 Tahun 2008 tentang Ketertiban Sosial. Adapun permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2008 tentang Ketertiban Sosial oleh Dinas Sosial di Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2008 tentang Ketertiban Sosial.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2008 tentang Ketertiban Sosial oleh Dinas Sosial Kota Pekanbaru dalam mengatasi pengemis di Kecamatan Binawidya dan mengetahui bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2008 tentang Ketertiban Sosial. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu Penelitian Lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Pejabat yang bersangkutan yaitu Bidang Rehabilitasi Sosial, Seksi Rehabilitasi Sosial, Front Office, Satgas P3KS, Fasilitator. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2008 tentang Ketertiban Sosial oleh Dinas Sosial di Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru ditinjau dari fiqh siyasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan motode analisis deskriptif kualitatif yakni semua data yang telah didapatkan kemudian dijelaskan secara rinci dan sistematis dalam bentuk kata-kata tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa mengenai pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2008 tentang Ketertiban Sosial salah satunya mengenai rehabilitasi sosial bagi para pengemis, Pemerintah Daerah Kota Pekanbaru khususnya Dinas Sosial Kota Pekanbaru telah melakukan pelatihan dan pembinaan dengan baik. Pelaksanaan rehabilitasi ini telah dilakukan dengan sebagaimana mestinya dalam peraturan dan ketentuan tetapi masih banyaknya terlihat pengemis yang berkeliaran dan memiliki keinginan untuk kembali kepada kehidupan dijalanan yang bagi mereka dapat menjanjikan dibanding dengan penyaluran edukasi dan pembinaan. Menurut perspektif Fiqh Siyasah Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2008 tentang Ketertiban Sosial sudah sesuai dengan aturan islam, namun masih kurangnya kesadaran dari para pengemis membuat pelaksanaan ini menjadi belum optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Dinas Sosial, Rehabilitasi Sosial, Fiqh Siyasah.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 May 2023 01:58
Last Modified: 17 May 2023 01:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70882

Actions (login required)

View Item View Item