Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENDISTRIBUSIAN ZAKAT FITRAH DI MASJID AL-MUHAJIRIN KELURAHAN AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Aisyah Renoviani, Aisyah (2023) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENDISTRIBUSIAN ZAKAT FITRAH DI MASJID AL-MUHAJIRIN KELURAHAN AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakjelasan pendistribusian zakat fitrah yang ada di Kelurahan Air Tiris yang disebabkan oleh kurangnya rasa percaya masyarakat terhadap pengurus zakat sehingga masyarakat memilih untuk menyerakan langsung kepada mustahiq yang membutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pendistribusian zakat fitrah di Masjid Al-Muhajirin Kelurahan Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat di sekitar masjid Al-Muhajirin. Populasi dalam penelitian ini adalah warga kelurahan Air Tiris dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 50 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa persepsi masyarakat terhadap pendistribusian zakat fitrah di Masjid Al-Muhajirin Kelurahan Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dikategorikan “kurang baik” dengan hasil persentasi rata-rata (mean) dengan rumus X = (∑x)/(∑N) sebesar 73,59%. Dari hasil persentase 3 aspek tersebut yakni aspek kognitif (78,08%), aspek afektif (74,2%) dan aspek konatif (68,48%), dimana aspek yang paling dominan adalah aspek kognitif dengan persentase 78,08%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Pendistribusian, Zakat Fitrah
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 17 May 2023 02:01
Last Modified: 17 May 2023 02:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70880

Actions (login required)

View Item View Item