Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KINERJA BAMUS NAGARI BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 5 TAHUN 2019 DI NAGARI GADUT KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

Agung Afnanda Putra, Agung (2023) KINERJA BAMUS NAGARI BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 5 TAHUN 2019 DI NAGARI GADUT KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang, terdapatnya indikator pembangunan yang kurang optimal seperti terdapat jalanan yang rusak, tidak ada lampu penerangan jalan dan belum adanya Peraturan Nagari. Permasalahan penelitian adalah Bagaimana Kinerja Bamus Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Agam Nomor 5 Tahun 2019 di Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam, dan tinjauan Fiqih Siyasah. Tujuan penulisan untuk mengetahui Kinerja Bamus Nagari Berdasarkan Perda Kabupaten Agam Nomor 5 Tahun 2019 di Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam dan tinjauan Fiqih Siyasah terhadap kinerja Bamus Nagari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, populasi dari penelitian ini ada enam orang. Dengan sampel adalah seluruh jumlah populasi. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa Kinerja Bamus di Nagari Gadut sudah optimal sebagaimana yang di amanatkan oleh Perda Nomor 5 Tahun 2019. Diantaranya Bamus sudah melaksanakan, menggali, menampung, mengelola, menyalurkan aspirasi masyarakat; menyelenggarakan musyawarah Bamus Nagari; menyelenggarakan musyawarah Nagari; membentuk panitia pemilihan Walinagari; menyelenggarakan musyawarah Nagari khusus untuk pemilihan Walinagari antar waktu; menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan Pemerintah Nagari dan lembaga Nagari lainnya; dan melaksanakan tugas lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan. Ditinjau dari perspektif fiqih siyasah, Kinerja Bamus Nagari di Nagari Gadut dalam konsep Ahlu al-halli wa al-‘aqdi sudah sesuai. Sebagai wakil rakyat Bamus harus mendengarkan keluhan masyarakan dan menyuarakan aspirasi mereka tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Bamus Nagari, Fiqih Siyasah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 May 2023 02:54
Last Modified: 16 May 2023 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70879

Actions (login required)

View Item View Item