Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

REPRESENTASI KEBUDAYAAN INDONESIA PADA VIDEO KLIP "WONDERLAND INDONESIA 2: THE SACRED NUSANTARA" KARYA ALFFY REV( ANALISIS SEMIOTIKA)

TAZA MONIGA, - (2023) REPRESENTASI KEBUDAYAAN INDONESIA PADA VIDEO KLIP "WONDERLAND INDONESIA 2: THE SACRED NUSANTARA" KARYA ALFFY REV( ANALISIS SEMIOTIKA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Taza Moniga Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : Representasi Kebudayaan Indonesia Pada Video Klip Wonderland Indonesia 2: The Sacred Nusantara Karya Alffy Rev (Analisis Semiotika) Video klip "Wonderland Indonesia 2: The Sacred Nusantara" karya Alffy Rev, Dewatlantis Studio, dan Rev Production bertujuan untuk mengangkat keberagaman dan keajaiban Indonesia serta membangkitkan rasa cinta tanah air. Melalui penggabungan lagu daerah dan lagu nasional dengan tampilan animasi modern yang memukau, video klip ini mencerminkan kekayaan dan keberagaman musik tradisional Indonesia serta usaha untuk menjaga dan memperkenalkan budaya ini secara global dengan sentuhan kreativitas modern. Penelitian ini memaparkan pesan-pesan kebudayaan Indonesia yang terwujud dalam tiga aspek utama, yaitu bahasa, kesenian, dan religi. Unsur bahasa terkait dengan penggunaan bahasa daerah, unsur kesenian berkaitan dengan alat musik tradisional dan tari tradisional, dan unsur religi terkait dengan sistem keyakinan, sistem upacara keagamaan, dan umat yang menganut agama tersebut. Metode analisis yang digunakan adalah analisis semiotika Pierce dengan mengacu pada pemaknaan ikon, indeks, dan simbol untuk menarik kesimpulan terkait pesan-pesan kebudayaan Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data dari hasil dokumentasi, studi pustaka, dan analisis peneliti menggunakan beberapa teori terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan-pesan kebudayaan Indonesia, baik dari segi bahasa, kesenian, maupun religi, tergambar jelas dalam video klip ini melalui suara, adegan yang digambarkan, dan properti yang digunakan sebagai media pendukung. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan simbol, ikon, dan indeks dalam menggambarkan keberagaman budaya, identitas lokal, dan kekayaan tradisi Indonesia. Kata Kunci: Representasi,Kebudayaan Indonesia,Semiotika, Video Klip.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 16 May 2023 03:15
Last Modified: 16 May 2023 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70873

Actions (login required)

View Item View Item