Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKIDAH AKHLAK BERBASIS TASAWUF AMALI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI ROKAN HILIR

SAKOLAN, - (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKIDAH AKHLAK BERBASIS TASAWUF AMALI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI ROKAN HILIR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img]
Preview
Text
DISERTASI SAKOLAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SAKOLAN (2022): PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKIDAH AKHLAK BERBASIS TASAWUF AMALI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI ROKAN HILIR Bahan ajar PAI penting dikembangkan agar pembelajaran sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada, serta sesuai dengan kurikulum dan karakter peserta didik, namun pada kenyataannya berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru, diperoleh beberapa kesimpulan: (1) pada umumnya guru merasa bahan ajar yang tersedia kurang membantu pemahaman peserta didik karena materi yang disampaikan pada buku kurang mendalam, sehingga guru masih memerlukan suplemen tambahan seperti buku dari berbagai penerbit dan internet; (2) guru kesulitan dalam membuat bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013 karena minimnya pengetahuan terkait pelaksanaannya Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu tersebut, penting kiranya melakukan pengembangan bahan ajar Akidah Akhlak dengan Pendekatan Akhlak Tasauf untuk meningkatkan Motivasi Siswa Belajar peserta didik MAN Rohil. Dengan kata lain, pengembangan bahan ajar Akidah Akhlak dengan Pendekatan Akhlak Tasauf diharapkan dapat meningkatkan Motivasi Siswa Belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE meliputi analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek ujicoba hanya terdiri dari 1 orang dosen dan 2 orang guru MAN yang berlatar belakang magister pendidikan dasar. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan angket. Instrumen pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan praktikalitas. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif untuk menganalisis hasil validasi atau penilaian pakar terhadap produk yang dikembangkan. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan bahan ajar akidah akhlak berbasis akhlak tasawuf modern terdiri dari tahap a) analisis, b) desain, c) pengembangan, d) implementasi dan e) penilaian. Produk pengembangan berupa bahan ajar akidah akhlak berbasis akhlak tasawuf modern telah memenuhi kriteria validitas sebesar 4,43% dengan kriteria “Sangat Valid”; 2) Produk pengembangan berupa bahan ajar akidah akhlak berbasis akhlak tasawuf modern telah memenuhi kriteria praktikalitas sebesar 83,40% dengan kategori “Praktis”; dan 3) Produk pengembangan berupa bahan ajar akidah akhlak berbasis akhlak tasawuf modern telah memenuhi kriteria efektifitas ditinjau dari kemampuan literasi digital siswa sebesar 78,89% dengan kriteria “Baik/Efektif”. Kata Kunci: Bahan Ajar, Akidah Akhlak, Tasawuf Amali, Validitas, Praktikalitas

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 16 May 2023 03:47
Last Modified: 16 May 2023 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70867

Actions (login required)

View Item View Item