Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CALL ON THE NEXT SPEAKER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU

NUR AZIZAH ISMAHMUDAH, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CALL ON THE NEXT SPEAKER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Azizah Ismahmudah, (2023): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Call on the Next Speaker untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SD Negeri 006 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerja sama siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe call on the next speaker di kelas V SD Negeri 006 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerja sama siswa, terutama dalam membangun kontribusi pada proses pembelajaran berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa, dan objeknya adalah penerapan model pembelajaran call on the next speaker dan kemampuan kerja sama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kerja sama siswa. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran, nilai rata-rata kemampuan kerja sama siswa hanya mencapai 47% atau tergolong dalam kategori sangat kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran call on the next speaker pada siklus I, nilai rata-rata kemampuan kerja sama siswa meningkat menjadi 60% atau tergolong dalam kategori cukup, dan pada siklus II juga meningkat menjadi 77% dan sudah termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe call on the next speaker dapat meningkakan kemampuan kerja sama siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SD Negeri 006 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Kata Kunci: Model Pembelajaran Call on the Next Speaker, Keterampilan Kerja Sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 May 2023 04:06
Last Modified: 16 May 2023 04:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70861

Actions (login required)

View Item View Item