Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 161 PEKANBARU

DESKA AYUFITRIANI, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 161 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESKA AYUFITRIANI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Deska Ayufitriani, (2023) : Penerapan Model Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II Sekolah Dasar Negeri 161 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 161 Pekanbaru melalui model pembelajaran card sort pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa diantaranya siswa kurang dalam proses perencanaan, pembelajaran, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran card sort dan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari II siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian analisis data bahwa penerapan model pembelajaran card sort dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan keaktifan belajar siswa hanya mencapai 62,5% atau berada pada kategori kurang baik. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 72% atau berada pada kategori kurang baik. Kemudian pada siklus II, keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 80% atau berada pada kategori baik. Pada temuan peneliti sebaiknya guru harus memberikan intruksi yang komunikatif, dengan model pembelajaran card sort anak antusias dan berani berkomunikasi disebabkan menggunakan media kartu yang menarik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Card Sort, Keaktifan Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 May 2023 04:14
Last Modified: 16 May 2023 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70858

Actions (login required)

View Item View Item