Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE COLLEGE BALL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS V MIN 2 INDRAGIRI HULU KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Maulidia Rahmah, Maulidia (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE COLLEGE BALL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS V MIN 2 INDRAGIRI HULU KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan kerja sama siswa pada muatan pelajaran IPS melalui penerapan strategi College Ball di kelas V MIN 2 Indragiri Hulu Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 30 siswa kelas V MIN 2 Indragiri Hulu. Sedangkan objeknya adalah strategi pembelajaran College Ball dan keterampilan kerja sama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kerja sama siswa. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkatannya dari sebelum tindakan perbaikan hingga tindakan perbaikan pada siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran persentase keterampilan kerja sama siswa hanya mencapai 56,25% dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I keterampilan kerja sama siswa mencapai 70,20% dengan kategori baik. Begitu pula ketika dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II keterampilan kerja sama siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase 80,52% dengan kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi College Ball dapat meningkatkan keterampilan kerja sama siswa pada muatan pelajaran IPS di kelas V MIN 2 Indragiri Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi College Ball, Keterampilan Kerja Sama.
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 May 2023 03:33
Last Modified: 15 May 2023 03:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70853

Actions (login required)

View Item View Item