Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING) DALAM PENENTUAN HAR GA JUAL PRODUKSI PADA USAHA MEBEL DEDI PRABOT (Studi Kasus Pada Usaha Mebel Dedi Prabot Kota Pekanbaru)

Aulia Maulani, Aulia (2023) PENERAPAN METODE HARGA POKOK PESANAN (JOB ORDER COSTING) DALAM PENENTUAN HAR GA JUAL PRODUKSI PADA USAHA MEBEL DEDI PRABOT (Studi Kasus Pada Usaha Mebel Dedi Prabot Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)

Abstract

Metode harga pokok pesanan (job order costing) memiliki peranan penting dalam penentuan harga jual, untuk dapat menentukan harga jual yang tepat maka harga pokok produksi harus dikumpulkan dan dihitung dengan tepat dan akurat. Penelitian ini dilakukan pada Usaha Mebel Dedi Perabot yang bergerak dalam bidang mebel yang kegiatan utamanya adalah membuat prabot dengan berbagai konsep sesuai pesanan konsumen. Usaha Mebel Dedi Perabot melakukan kegiatan produksinya berdasarkan pesanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengumpulan harga pokok produksi berdasarkan metode pesanan (job order costing) sudah diterapkan oleh perusahaan Usaha Mebel Dedi sesuai dengan akuntansi yang berlaku umum. Dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan mengajukan daftar pertanyaan dan wawancara langsung. Hasil dari perhitungan harga pokok produksi menurut Usaha Mebel Dedi Perabot lebih rendah dari Harga pokok produksi dengan menggunakan metode Job Order Costing, dikarenakan metode Job Order Costing memasukkan semua biaya-biaya produksi ke dalam perhitungannya termasuk biaya yang termasuk dalam biaya overhead pabrik, sedangkan metode perusahaan Usaha Mebel Dedi Prabot tidak memasukkan biaya overhead pabrik kedalam perhitungannya, hanya memasukkan biaya bahan bakudan biaya tenaga kerja langsung, sehingga terdapat adanya selisih harga pokok produksi, yang mengakibatkan perbedaan laba yang didapat perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Job Order Costing, Harga Pokok Produksi dan Harga Jual.
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 16 May 2023 04:01
Last Modified: 16 May 2023 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70841

Actions (login required)

View Item View Item