Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI HUMAS DALAM MEMBANGUN MEDIA RELATIONS UNTUK MENINGKATKAN CITRA POSITIF PADA PEMERINTAH KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI DI PROVINSI RIAU

Juwita Safitri, Juwita (2023) KOMUNIKASI HUMAS DALAM MEMBANGUN MEDIA RELATIONS UNTUK MENINGKATKAN CITRA POSITIF PADA PEMERINTAH KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI DI PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)

Abstract

Komunikasi Humas dalam Membangun Media Relations merupakan hubungan yang baik yang didasari oleh komunikasi yang harmonis, didukung oleh kredibilitas, konsistensi serta keterbukaan untuk mendapatkan hubungan timbal balik dan goodwill. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komunikasi humas dalam membangun hubungan media relations untuk meningkatkan Citra Positif pada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dengan narasumber sebanyak lima informan. Penelitian ini menggunakan teori excellence oleh James E Grunig. Hasil penelitian ini ialah Komunikasi Humas yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam membangun media relations melakukan komunikasi dua arah (Two Symmetrical). Humas sebagai Top Communicator melaksanakan beberapa program yang menerapkan teknik- teknik komunikasi dalam prinsip prinsip umum membangun media relations, yakni a). By Servicing The Media (melayani media) melalui Grup Agenda Pemkab Kepulauan Meranti sebagai saluran komunikasi untuk menginformasikan agenda pimpinan, b). By Cooperations in Providing Material (menyediakan bahan informasi), humas rutin membuat dan mengirimkan press release untuk mendapatkan informasi perkembangan kinerja Daerah secara akurat yang dinaikkan ke portal berita dan melalui website Merantikab.go.id, c). By Providing Verivications (Menyediakan Fasilitas) melalui undangan liputan agenda Daerah dan UKW serta kegiatan Coffe Morning serta d). By Building Personal relationship With The Media (Pendekatan Pribadi) humas dan Dinas Komunikasi dan Informasi kerap melakukan agenda ngopi secara personal untuk mencapai sikap saling pengertian dan pemahaman bersama sehingga menghasilkan win- win solutions (keuntungan oleh semua pihak).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Humas, Media Relations, Citra Positif Pemerintah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 May 2023 03:30
Last Modified: 15 May 2023 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70840

Actions (login required)

View Item View Item