Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROBLEMATIKA MASA ADMINISTRASI PENCATATAN NIKAH DI KANTOR KUA TAMPAN (Studi Analisis PMA RI No. 19 tahun 2018 Tentang Pencatatan Perkawinan)

TITANIA S. SALSABILA, - (2023) PROBLEMATIKA MASA ADMINISTRASI PENCATATAN NIKAH DI KANTOR KUA TAMPAN (Studi Analisis PMA RI No. 19 tahun 2018 Tentang Pencatatan Perkawinan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TITANIA S. SALSABILA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Titania S. Salsabila, (2023): Problematika Masa Administrasi Pencatatan Nikah di Kantor KUA Tampan (Studi Analisis PMA RI No. 19 Tahun 2018 Tentang Pencatatan Perkawinan) Tujuan pencatatan perkawinan ini untuk mewujudkan ketertiban perkawinan dalam masyarakat. Ini merupakan suatu upaya yang diatur melalui perundang-undangan untuk melindungi martabat dan kesucian perkawinan dan lebih khusus lagi perempuan dalam kehidupan rumah tangga. Adapun permasalahan yang sering terjadi, yakni calon pengantin diketahui sebelumnya telah melakukan nikah siri dan poligami, terjadi perbedaan pemahaman antar pegawai dan calon pengantin terkait pemenuhan persyaratan nikah yang sangat banyak, terdapat perbedaan di beberapa dokumen penting seperti KTP, ijazah dan KK, calon pengantin yang masih di bawah umur. Sebab hal ini diberlakukan pencatatan kurang 10 hari, Mayoritas masyarakat yang menikah di KUA Tampan Kota Pekanbaru yang tidak mengetahui bahwa pencatatan perkawinan dilakukan kurang dari sepuluh hari kerja sebelum dilaksanakannya perkawinan. Sehingga banyak masyarakat yang tidak mengikuti administrasi pencatatan yang diberlakukan. Dan hal ini membuat pencatatan administrasi KUA tidak tertib dan tidak sesuai dengan aturan yang dibuat. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu tentang Berapa batas waktu adanya pencatatan perkawinan, faktor penghambat yang menyebabkan terlambatnya administrasi, dan sanksi ketika lewatnya atau kurangnya masa administrasi pencatatan perkawinan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah semua data berhasil dikumpulkan, dan dilakukan penganalisaan lalu digambarkan dalam bentuk uraian Sedangkan Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu deduktif, induktif dan adeskriptif. Kemudian informan penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari kepala KUA dan penghulu. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pencatatan perkawinan di KUA Tampan Kota Pekanbaru dapat dikatakan belum efektif karena dari hasil wawancara masih ada beberapa masyarakat yang kurang dari sepuluh hari kerja sebelum dilaksanakannya perkawinan. Faktor yang menyebabkan masyarakat mengalami keterlambatan administrasi ialah faktor kurangnya pengetahuan masyarakat tentang PMA. No. 19 Tahun 2018. Adapun sanksi yang diberikan KUA adalah tidak dapat dinikahkan. Kata Kunci: Problematika, Masa Administrasi, Pencatatan Perkawinan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 May 2023 07:54
Last Modified: 12 May 2023 07:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70801

Actions (login required)

View Item View Item