PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMAN 1 SUNGAI APIT

Justria Eka Mitra, (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMAN 1 SUNGAI APIT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design, jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X5 (eksperimen) berjumlah 32 dan kelas X4 (kontrol) berjumlah 32. Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kreatifitas siswa dalam memikirkan dan memecahkan suatu persoalan yang akan berdampak pada rendahnya hasil belajar. Dibutuhkan suatu metode yang mampu membuat siswa kreatif dalam memikirkan dan memecahkan masalah selama proses pembelajaran, salah satunya yaitu metode pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan reaksi redoks di kelas X SMAN 1 Sungai Apit dengan penerapan metode pembelajaran Problem Posing. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis (pre-test dan post-test), dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan test-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesudah penggunaan metode Problem Posing, kualitas hasil pembelajaran lebih meningkat. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,16 dan ttabel = 2,00 (taraf signifikansi 5%) yang menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan rumus N-gain, didapatkan N-gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen adalah 0,71 yang termasuk kategori tinggi dan N-gain hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 0,59 yang termasuk kategori sedang. Kata Kunci: Metode pembelajaran, Problem Posing, Hasil belajar, Reaksi redoks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 09 Sep 2016 03:30
Last Modified: 09 Sep 2016 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7080

Actions (login required)

View Item View Item