Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG PESAN MORAL DARI TAYANGAN SEBUAH FILM KUKIRA KAU RUMAH PRODUKSI SINEMART PICTURES DAN MD PICTURES

TRI YANTI, - (2023) ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG PESAN MORAL DARI TAYANGAN SEBUAH FILM KUKIRA KAU RUMAH PRODUKSI SINEMART PICTURES DAN MD PICTURES. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Tri Yanti Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : Analisis Semiotika Tentang Pesan Moral Dari Tayangan Sebuah Film Kukira Kau Rumah Film Kukira Kau Rumah adalah film indonesia dengan genre romantis dan salah satu film indonesia yang mengangkat isu tentang kesehal mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan moral yang terkandung dalam penelitian ini serta menentukan permasalahan yang ada pada penelitian ini, permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan moral yang terdapat pada film kukira kau rumah, menggunakan analisis Semiotika dengan teori dari Charles Sanders Pierce yang bertujuan untuk mengidentifikasi atau mengetahui tanda yang terdapat pada film dan memperkuat pesan moral dengan menggunakan konsep dari Burhan Nurgiantoro untuk mengetahui pesan moral yang terkandung pada film Kukira Kau Rumah. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan bersumber dari file film dengan observasi pada setiap scene, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah representasi yang merupakan suatu bentuk tanda untuk memunculkan gambaran sifat dari masing-masing tokoh. Objek memperlihatkan pada apa yang dilakukan oleh tokoh dalam cerita. Sementara itu ada interpretasi yakni menunjukkan adanya pesan moral dan dipertegas oleh konsep dari Burhan Nurgiantoro tentang pesan moral tersebut. Kata kunci: Semiotika, Pesan Moral, Film Kukira Kau Rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 12 May 2023 07:52
Last Modified: 12 May 2023 07:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70797

Actions (login required)

View Item View Item