Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG AZOLLA (Azolla microphylla) YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN Aspergillus niger PADA RANSUM TERHADAP ORGAN PENCERNAAN PUYUH (Coturnix coturnix japonica)

ALDO WIRANDA, - (2023) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG AZOLLA (Azolla microphylla) YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN Aspergillus niger PADA RANSUM TERHADAP ORGAN PENCERNAAN PUYUH (Coturnix coturnix japonica). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I- BAB V,.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)

Abstract

Beternak puyuh memiliki prospek yang cukup menjanjikan terutama untuk menghasilkan daging dan telur yang memiliki nilai gizi tinggi serta di sukai oleh masyarakat. Dalam satu usaha peternakan biaya pakan mencapai 60-70% dari total biaya produksi. Azolla microphylla fermentasi memiliki potensi sebagai bahan pakan, yang memiliki kandungan Protein kasar yang tinggi 19,96% namun juga mengandung serat kasar yang tinggi 26,73%. Protein kasar dan serat kasar yang tinggi dapat berpengaruh terhadap kinerja organ pencernaan puyuh. Oleh karena itu perlu dilakukan proses fermentasi untuk menurunkan kandungan serat kasar dari azolla tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung Azolla microphylla yang difermentasi menggunakan A.niger terhadap bobot dan panjang organ pencernaan puyuh (bobot proventrikulus, bobot gizzard, bobot usus halus dan panjang usus halus). Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu P0 (Ransum basal 100% + 0% Tepung azolla fermentasi), P1 (Ransum basal 94% + 6% Tepung azolla fermentasi), P2 (Ransum basal 88% + 12% Tepung azolla fermentasi), P3 (Ransum basal 82% + 18% Tepung azolla fermentasi) dengan 5 ulangan. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah persentase bobot proventrikulus, persentase bobot gizzard, persentase bobot usus halus dan Panjang relatif usus halus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian tepung azolla fementasi dalam ransum memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap bobot proventrikulus, bobot gizzard, bobot usus halus dan panjang usus halus pada puyuh. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian tepung Azolla fermentasi dalam ransum basal hingga taraf 18% dapat mempertahankan bobot proventrikulus, bobot gizzard, bobot usus halus dan panjang usus halus puyuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 12 May 2023 07:33
Last Modified: 12 May 2023 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70784

Actions (login required)

View Item View Item