NURHASMINSYAH, - (2023) MODEL INTEGRASI ILMU AGAMA DAN UMUM DI MADRASAH ALIYAH KOTA PEKANBARU. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
DISERTASI NURHASMINSYAH.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nurhasminsyah (2023): Model Integrasi Ilmu Agama dan Umum di Madrasah Aliyah Kota Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang mengindikasikan adanya praktek dikotomi antara ilmu agama dan umum di beberapa Madrasah Aliyah Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana integrasi ilmu agama dan umum di Madrasah Aliyah Kota Pekanbaru selama ini dan menemukan model integrasi ilmu agama dan umum yang relevan dengan konteks Madrasah Aliyah Kota Pekanbaru. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, maka pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pertama, Integrasi ilmu agama dan umum di Madrasah Aliyah kota Pekanbaru cenderung dilakukan dengan cara membekali peserta didik dengan nilai-nilai keIslaman melalui praktek-praktek seperti berdoa dan membaca al-Qur’an sebelum belajar, sholat berjamaah, dan siraman rohani. Namun, pembekalan tersebut dilakukan terpisah dengan pegembangan keilmuan peserta belajar terkait dengan mata pelajaran. Kedua, berbasis data lapangan dan analisis tehadap literatur-literatur yang relevan, peneliti menemukan satu model integrasi agama dan umum yang relevan dengan konteks Madrasah Aliyah Kota Pekanbaru, yaitu model Tematik Triangulasi. Model tersebut mengadopsi konsep pembelajaran berbasis tema thematic, dan konsep integrasi Spiral Andromeda. Dengan dirumuskannya model ini berdasarkan kebutuhan integrasi ilmu agama dan umum di Madrasah Aliyah Kota Pekanbaru, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model integrasi Tematik Triangulasi dapat menjadi solusi untuk permasalahan dikotomi keilmuan di Madrasah Aliyah Kota Pekanbaru. Kata kunci: integrasi keilmuan, pendidikan agama Islam, model integrasi keilmuan, Madrasah Aliyah, Spiral Andromeda, Tematik Triangulasi
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 10 May 2023 07:55 |
Last Modified: | 10 May 2023 07:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70721 |
Actions (login required)
View Item |