Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) BINTANG FLAMBOYAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA TANJUNG SAWIT KECAMATAN TAPUNG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

SUSI SUSANTI, - (2023) PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) BINTANG FLAMBOYAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA TANJUNG SAWIT KECAMATAN TAPUNG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUSI SUSANTI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Susi Susanti, (2023): Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bintang Flamboyan Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Menurut Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pengelolaan BUMDes Bintang Flamboyan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa Tanjung Sawit, dimana pengelolaan dengan modal yang besar belum menghasilkan pendapatan yang maksimal sedangkan pengelolaan dengan modal yang kecil bahkan tanpa modal menghasilkan pendapatan yang maksimal. Berdasarkan masalah tersebut peneliti bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Bintang Flamboyan dalam meningkatkan pendapatan asli desa Tanjung Sawit, Faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Bintang Flamboyan dan Bagaimana tinjauan menurut pespektif ekonomi syariah. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif pendekatan studi lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengelolaan BUMDes Bintang Flamboyan dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksaaan (actuating), pengawasan (controling). Sedangkan faktor yang menghambat pengelolaan BUMDes berupa kurangnya jumlah sumber daya manusia (SDM), alam (perubahan cuaca) dan kurangnya promosi melalui media sosial sementara faktor pendukung yaitu komunikasi kerja tim baik (team work), dukungan dari pemerintah dan masyarakat, potensi desa dan pelatihan tentang tata kelola BUMDes. Menurut tinjauan ekonomi syariah pada unit simpan pinjam ditolak karena masih menggunakan konsep sistem konvensional adanya (Riba) dari jumlah pokok pinjaman sedangkan pada unit transportasi, pasar dan pengelolaan sampah serta bintang studio diterima karena konsep yang dijalankan adalah konsep sewa menyewa (ijarah) dan jual beli dengan akad salam. Kata Kunci: BUMDes, Pendapatan Asli Desa, Perspektif Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 May 2023 03:32
Last Modified: 10 May 2023 03:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70718

Actions (login required)

View Item View Item