Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TURNITIN_ANALISIS DAN PENENTUAN STRATEGI PERBAIKAN NILAI TAMBAH PADA RANTAI PASOK KELAPA SAWIT (STUDI KASUS PROVINSI RIAU)

Petir Papilo, - and Diki Prasetiyo, - and Misra Hartati, - and Ekie Gilang Permata, - and Afdhol Rinaldi, - (2020) TURNITIN_ANALISIS DAN PENENTUAN STRATEGI PERBAIKAN NILAI TAMBAH PADA RANTAI PASOK KELAPA SAWIT (STUDI KASUS PROVINSI RIAU). Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
Text
ANALISIS DAN PENENTUAN STRATEGI PERBAIKAN NILAI TAMBAH PADA RANTAI PASOK KELAPA SAWIT (STUDI KASUS PROVINSI RIAU).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kelapa sawit telah menjadi komoditas unggulan untuk peningkatan perekonomian di Indonesia. Saat ini, banyak masyarakat menggantungkan hidupnya pada sektor perkebunan dan agroindustri kelapa sawit melalui pembentukan hubungan mata rantai pasokan. Pada rantai pasok kelapa sawit terdapat pelaku-pelaku usaha mulai dari hulu hingga hilir. Namun saat ini, setiap pelaku memiliki nilai tambah yang berbeda-beda untuk setiap levelnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukuran tingkat nilai tambah pada setiap level rantai pasok kelapa sawit dan sekaligus menetukan strategi perbaikan nilai tambah di masa mendatang. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan Metode Hayami, diperoleh nilai tambah pada level petani swadaya sebesar 18,6%, pedagang 20%, dan pabrik 28%, sedangkan keuntungan yang diperoleh petani sebesar Rp 4.125.900, pedagang Rp 56.400.000, dan pabrik Rp 4.127.324.500. Kemudian, dengan menggunakan Metode Non-Numerical Multi Expert Multicriteria Decision Making, telah diperoleh strategi yang direkomendasikan antara lain melalui perbaikan GAP, dan pembentukan kerja sama dan kemitraan.

Item Type: Other
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 11 May 2023 03:29
Last Modified: 11 May 2023 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70683

Actions (login required)

View Item View Item