Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MODEL PENJODOHAN PADA PERNIKAHAN MUBARAKAH DALAMMEMBENTUK KELUARGA SAKINAH DI PESANTREN HIDAYATULLAH BALIKPAPAN DALAM TINJAUAN MAQASHID SYARIAH

PARYADI, - (2023) MODEL PENJODOHAN PADA PERNIKAHAN MUBARAKAH DALAMMEMBENTUK KELUARGA SAKINAH DI PESANTREN HIDAYATULLAH BALIKPAPAN DALAM TINJAUAN MAQASHID SYARIAH. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Paryadi NIM : 32090512025, Judul Disertasi : ”Model Penjodohan Pada Pernikahan Mubarakah dalam Membentuk Keluarga Sakinah di Pesantren Hidayatullah Balikpapan dalam perspektif Maqashid Syariah” Latar belakang penelitian ini adalah fenomena maraknya permasalahan keluarga dan meningkatnya angka perceraian setiap tahun di Indonesia. Padahal berbagai program dan perhatian pemerintah terhadap keluarga sangat banyak di Indonesia. Pesantren Hidayatullah Balikpapan menjadi antitesis dari fenomena rentannya keutuhan keluarga dengan membentuk keluarga sakinah melalui model penjodohan pada pernikahan mubarakah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami model penjodohan pada pernikahan mubarakah di Pesantren Hidayatullah Balikpapan dari angkatan tahun 1977-2022, menganalisisnya dengan maqashid syariah dan korelasi untuk membangun keutuhan keluarga. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data primer adalah peserta pernikahan dengan purposive sampling memilih 18 sampel dengan kreteria yang ditentukan dari populasi 804, sumber data sekunder penelitian ini ustadz senior, ketua RT, petugas KUA, petugas Puskesmas yang terlibat dan panitia pernikahan mubarakah. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dengan partisipasi, dokumentasi dengan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, model penjodohan pernikahan mubarakah memiliki keunikan dengan seleksi santri, wawancara, observasi, musyawarah, istikaharah dari pada ustadz senior. Sebagian besar mereka menyerahkan pilihan calon istri atau suaminya kepada ustadz-ustadz sebagai bentuk ketaatan atau tidak percaya diri untuk mencari jodoh sendiri. Berbagai upaya telah berhasil dilakukan Pesantren Hidayatullah Balikpapan untuk membentuk keluarga sakinah. Di antaranya, penyediaan rumah dinas, penyantunan sosial, penyediaan sarana pendidikan, kegiatan ibadah dan taklim yang intens, parenting dan sekolah orang tua. Dalam tinjauan maqashid syariah, model penjodohan pernikahan mubarakah dan pembentukan keluarga sakinah selaras dengan upaya memelihara nilai-nilai dan menghindarkan dari hal-hal yang merusak agama, jiwa, akal, keturunan dan harta. Rekomendasi penelitian ini pembentukan keluarga sakinah tidak bisa berdiri sendiri tapi memerlukan lingkungan masyarakat di sekitarnya sangat berpengaruh terutama budaya, pemahaman, pendidikan, pengamalan agama dan kepemimpinan dalam masyarakat setempat. Model penjodohan bisa lebih melibatkan orang tua atau wali yang secara syariat memiliki hak dan kewajiban untuk mencarikan jodoh bagi putrinya.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 08 May 2023 04:10
Last Modified: 08 May 2023 04:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70601

Actions (login required)

View Item View Item