PELAKSANAAN KEWAJIBAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAKNYA DI TPA DITINJAU MENURUTHUKUM ISLAM (Studi Kasus di TPA Kecamatan Pekanbaru Kota)

Bastian, (2011) PELAKSANAAN KEWAJIBAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAKNYA DI TPA DITINJAU MENURUTHUKUM ISLAM (Studi Kasus di TPA Kecamatan Pekanbaru Kota). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201138.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “PELAKSANAAN KEWAJIBAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAKNYA DI TPA DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di TPA Kecamatan Pekanbaru Kota)” Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan kewajiban orang tua terhadap pendidikan anaknya di TPA Kecamatan Pekanbaru Kota ditinjau menurut hukum Islam Tujuan penelitian ini untuk melihat, bagaimana pelaksanaan kewajiban orang tua terhadap pendidikan anaknya di TPA Kecamatan Pekanbaru Kota, faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala pelaksanaa kewajiban orang tua terhadap pendidikan anaknya di TPA Kecamatan Pekanbaru Kota dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan kewajiban orang tua terhadap pendidikan anaknya di TPA Kecamatan Pekanbaru Kota. Adapun bentuk penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif artinya data diperoleh dengan apa adanya dilapangan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah para orang tua/wali murid yang pendidikan anaknya di TPA Kecamatan Pekanbaru Kota, sebanyak 7 TPA di Kecamatan Pekanbaru Kota, yang berjumlah 38 orang tua/ wali murid. Karena jumlah pupulasi terbatas dan terjangkau maka penelitian ini tidak menggunakan sampel (riset populasi). Kemudian mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Setelah data-data terkumpul, maka penulis menganalisa data, berdasarkan indikator penelitian dan disesuaikan pendapat dari responden. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis berkesimpulan, Pelaksanaan kewajiban orang tua terhadap pendidikan anaknya di TPA Kecamatan Pekanbaru Kota ialah membayar uang SPP dan menyiapkan peralatan belajar mengajar telah dilaksanakan dengan baik, sedangkan pemantauan orang tua terhadap anak-anak mereka yang belajar di TPA tidak baik atau umumnya orang tua melalaikannya. Faktor-faktor yang menjadi kendala pelaksanaan kewajiban orang tua terhadap pendidikan anaknya di TPA Kecamatan Pekanbaru Kota ialah karena faktor ekonomi, kesibukkan dan kurangnya kesadaran orang tua. Pelaksanaan kewajiban orang tua terhadap pendidikan anak-anak mereka di TPA Kecamatan Pekanbaru Kota telah sesuai dengan hukum Islam kususnya mengenai kewajiban membayar uang SPP dan mempersiapkan peralatan belajar anak-anak mereka, akan tetapi dilihat dari segi kepedulian orang tua terhadap perkembangan anak-anak mereka pada TPA bertentangan dengan hukum Islam. Demikian abstrak dari skripsi ini yang penulis simpulkan berdasarkan skripsi yang penulis paparkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 12 Jan 2016 05:00
Last Modified: 12 Jan 2016 05:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item View Item