Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penciptaan Planet Bumi Dalam Perspektif Islam Sebagai Penguatan Materi Pembelajaran Geografi Berbasis Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas “Kajian Teori Dan Kelayakan Planet Bumi Untuk Kehidupan”

Mhd. Nurul Hadi, - (2023) Penciptaan Planet Bumi Dalam Perspektif Islam Sebagai Penguatan Materi Pembelajaran Geografi Berbasis Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas “Kajian Teori Dan Kelayakan Planet Bumi Untuk Kehidupan”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)

Abstract

ABSTRAK Mhd. Nurul Hadi, (2022) :Penciptaan Planet Bumi Dalam Perspektif Islam Sebagai Penguatan Materi Pembelajaran Geografi Berbasis Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas “Kajian Teori Dan Kelayakan Planet Bumi Untuk Kehidupan” Geografi merupakan satu-satunya ilmu bumi yang mengkaji persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dalam konteks keruangan di planet bumi. Pengkajian asal mula penciptaan Bumi merupakan persoalan besar, mendasar dan esensial dalam mata pelajaran Geografi. Pada buku mata pelajaran geografi kelas X terdapat pembahasan teori penciptaan bumi, Ada mengatakan bumi berawal dari ledakan besar, selain itu berawal dari partikel berproses dan ada pula mengatakan dalam keadaan tetap tidak memiliki permulaan dan pengakhiran. Dalam hal ini tidak sedikit menuai kontraversi dikalangan ilmuan, baik dari ilmuan barat maupun ilmuan muslim. Selain itu dalam buku geografi kelas X juga mengkaji kelayakan planet bumi untuk kehidupan. Pada umumnya kajian seperti ini hanya mengkaji dalam pandangan sains semata, maka dari itu penulis menyajikan dalam perspektif islam, mengkolaborasikan sains dan al-Qur’an. Oleh karena itu, tujuan utama penelitian ini difokuskan untuk mengetahui Bagaimana kesesuaian teori Penciptaan Planet Bumi pada mata pelajaran geografi kelas X SMA dan Penciptaan Planet Bumi dalam perspektif Al-Qur’an serta Apa saja fakta-fakta penciptaan Planet Bumi dan kelayakan planet bumi untuk kehidupan dalam perspektif Al-Qur’an. Kajian ini sengaja dilakukan pada buku mata pelajaran Geografi kelas X, merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), dimana data dikumpulkan dengan menggunakan strategi studi teks, sedangkan untuk menganalisis mentelaah data bahan bacaan, penulis memanfaatkan teknik analisis isi atau (Conten Analysi). Temuan hasil penelitian menunjukkan, terdapat 3 teori penciptaan planet bumi didalam buku Geografi kelas X. Menariknya 2 teori memiliki kesesuaian dengan al-Qur’an dan 1 lagi bertolak belakang dengan al-Qur’an. Adapun fakta-fakta kelayakan planet bumi untuk kehidupan, yaitu dengan adanya air, kemiringan sumbu bumi, dan keseimbangan di atmosfer, unsur ini selaras dengan apa yang ada di al-Qur’an. Kata Kunci : Geografi, Teori, Bumi, al-Qur’an, Tafsir,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 08 May 2023 07:31
Last Modified: 08 May 2023 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70593

Actions (login required)

View Item View Item