Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ABNORMAL AUDIT FEE DI INDONESIA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

FITRIAN SARI, - (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ABNORMAL AUDIT FEE DI INDONESIA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ABNORMAL AUDIT FEE DI INDONESIA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021) OLEH: FITRIAN SARI NIM. 11970320127 Besaran biaya audit merupakan salah satu isu penting dalam proses audit. Biaya audit yang lebih tinggi atau lebih rendah dari biaya audit normal disebut abnormal audit fee. Literatur-literatur terdahulu menemukan bahwa abnormal audit fee mempengaruhi kualitas audit yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi abnormal audit fee, dengan penekanan khusus pada bagaimana ukuran perusahaan, kompleksitas perusahaan, ukuran kantor akuntan publik, leverage, profitabilitas dan kepemilikan keluarga berpengaruh terhadap abnormal audit fee di Indonesia. Melalui teknik purposive sampling, tiga puluh dua perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia dipilih sebagai sampel selama periode 2017-2021. Regresi data panel digunakan dalam menganalisis data sekunder yang telah dikumpulkan. Penelitian ini menemukan pengaruh positif ukuran perusahaan, ukuran kantor akuntan publik, leverage dan profitabilitas terhadap abnormal audit fee. Namun penelitian ini tidak menemukan pengaruh kompleksitas perusahaan dan kepemilikan keluarga terhadap abnormal audit fee. Oleh sebab itu, diperlukan pedoman yang jelas dan transparan bagi auditor dalam menentukan biaya audit yang normal agar kualitas audit yang dihasilkan mampu meningkatkan kredibilitas laporan keuangan. Kata Kunci: Abnormal Audit Fee, Ukuran Perusahaan, Kompleksitas Perusahaan, Ukuran KAP, Leverage, Profitabilitas, Kepemilikan Keluarga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 05 May 2023 04:08
Last Modified: 05 May 2023 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70529

Actions (login required)

View Item View Item