Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin pada Kelompok XYZ Analysis Strategy Maketing in an Effort to Increase Sales Salai Patin Fist at XYZ Group

Dewi Diniaty, - and Ismu Kusumanto, - and Fitria Roza, - and Fadhillah Dinatul Husna, - and Misra Hartati, - and Nofirza, - (2019) Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin pada Kelompok XYZ Analysis Strategy Maketing in an Effort to Increase Sales Salai Patin Fist at XYZ Group. Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin pada Kelompok XYZ Analysis Strategy Maketing in an Effort to Increase Sales Salai Patin Fist at XYZ Group, 6 (1). pp. 104-115. ISSN 2407-263X

[img]
Preview
Text
Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin pada Kelompok XYZ Analysis Strategy Maketing in an Effort to Increase Sales Salai Patin Fist at XYZ Group.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelompok XYZ dalam menjalankan bisnisnya mengalami beberapa permasalahan yaitu belum melakukan kegiatan promosi, melemahnya jumlah permintaan, serta kualitas produk yang dihasilkan kurang bagus. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bobot dari setiap faktor yang diper�timbangkan, untuk mengetahui posisi perusahaan, dan memberikan usulan strategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan. Melihat permasalahan yang terjadi, maka perlu dilakukan strategi pema�saran dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Proses (AHP) dan Strenght, Weakness, Oppor�tunity, Threat (SWOT). Berdasarkan pembobotan 7P menggunakan metode AHP didapatkan bobot product sebesar 12,44%, promotion sebesar 17,90%, price sebesar 9,93%, place sebesar 15,82%, people sebesar 15,63%, process sebesar 13,45%, dan physical evidence sebesar 14,83%. Pada matriks SWOT diketahui perusahaan berada pada kuadran-III yaitu pertemuan antara IFAS pada titik -0,05 dan EFAS pada titik 0,49. Maksudnya, perusahaan memiliki peluang besar yaitu permintaan pasar yang tinggi, namun masih memiliki kendala yaitu masih menggunakan peralatan produksi yang sederhana. Alternatif strategi yang dapat dilakukan yaitu menjamin kualitas produk, menambah fasilitas-fasilitas produksi, meningkatkan pendistribusian produk, serta memanfaatkan media cetak dan sosial untuk kegiatan promosi.

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 11 May 2023 03:27
Last Modified: 11 May 2023 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70524

Actions (login required)

View Item View Item