Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pemodelan Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Riau Menggunakan Model Spatial Autoregressive

RAHMADENI, - and Rizka Sakinah Keman, - and Ari Pani Desvina, - and Sri Zulhayana, - (2015) Pemodelan Indeks Pembangunan Manusia Di Provinsi Riau Menggunakan Model Spatial Autoregressive. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 12. ISSN 2579-7271 (print) 2579-5406 (online)

[img]
Preview
Text
Pemodelan_Indeks_Pembangunan_Manusia.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Indeks pembangunan manusia merupakan indeks penting untuk menghitung kesuksesan dalam usaha mengembangkan kualitas hidup di Provinsi Riau. Berdasarkan data dari Badan Statistik Provinsi Riau, indeks pembangunan manusia di Provinsi Riau tahun 2017 sebesar 71,79%. Indeks Pembangunan Manusia dipengaruhi oleh beberapa aspek diantaranya angka harapan hidup, harapan lama sekolah, rata- rata lama sekolah, pengeluaran per kapita dan garis kemiskinan. Salah satu usaha untuk mengetahui faktor yang signifikan adalah menggunakan analisis regresi. Metode regresi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Klasik dan Spatial Autoregressive. Hasil penelitian ini menunjukkan kelima faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia. Regresi Spatial Autoregressive memiliki nilai R2 adjusted. Model Spatial Autoregressive memiliki R2 adjusted yaitu 99,89% yang lebih besar daripada R2 adjusted model Regresi Klasik sebesar 99,67%, artinya model Spatial Autoregressive adalah model terbaik untuk pemodelan indeks pembangunan manusia di Provinsi Riau tahun 2017. Kata kunci : Indeks Pembangunan Manusia, Provinsi Riau, Spatial Autoregressive.

Item Type: Article
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 04 May 2023 07:35
Last Modified: 04 May 2023 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70522

Actions (login required)

View Item View Item