FAUZAN LUTHFI YAUMUL ADHA, - and MUHAMMAD LUTHFI HAMZAH, - and Idria Maita, - and Megawati, - and Arif Marsal, - (2023) Analisis Penerimaan Pengguna Dapodik Sekolah Dasar Kecamatan Tampan Menggunakan Model TAM dan EUCS. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri.
|
Text
Analisis Penerimaan Pengguna Dapodik.pdf Download (420kB) | Preview |
Abstract
Penelitian mengenai analisis penerimaan pengguna Dapodik sekolah dasar di Kecamatan Tampan dengan menggunakan model TAM dan EUCS bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan pengguna terhadap sistem Dapodik dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan Dapodik. Setiap sekolah mempunyai satu operator Dapodik yang bertugas untuk mengoperasikan Dapodik. Pada penggunaannya, terdapat beberapa kendala yang dirasakan oleh operator yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai tingkat penerimaan operator terhadap Dapodik. Penelitian ini dilakukan pada jenjang sekolah dasar tepatnya pada seluruh sekolah dasar yang ada di Kecamatan Tampan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh operator sekolah dasar yang berjumlah 62 orang. Dikarenakan populasi yang jumlahnya kurang dari 100, teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah sampel jenuh. Proses analisis data menggunakan pendekatan PLS-SEM dengan SmartPLS 3.0. Hasil yang didapatkan adalah perceived of usefulness, attitude, content, dan perceived ease of use berpengaruh terhadap penerimaan pengguna sedangkan accuracy, format, ease, dan timeliness tidak berpengaruh terhadap penerimaan pengguna. Kata kunci: Sistem Informasi Dapodik, Technology Acceptance Model, End-User Computing Satisfaction
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Gusneli - |
Date Deposited: | 03 May 2023 07:57 |
Last Modified: | 03 May 2023 07:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70467 |
Actions (login required)
View Item |