Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kasus Acute Flaccid Paralysis (AFP) Di Indonesia Dengan Menggunakan Regresi Poisson Tergeneralisasi

RAHMADENI, - and SELVI DELIANA, - and Rado Yendra, - and Ari Pani Desvina, - Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kasus Acute Flaccid Paralysis (AFP) Di Indonesia Dengan Menggunakan Regresi Poisson Tergeneralisasi. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI-10). ISSN 2579-7271 (print) 2579-5406 (online)

[img]
Preview
Text
Analisis Faktor yang mempengaruhi Kasus Acute.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

AFP adalah singkatan dari Acute Flaccid Paralysis yang merupakan kelumpuhan yang terjadi pada anak yang berumur kurang dari 15 tahun yang bersifat layuh dan terjadi secara mendadak (akut) bukan karena kecelakaan. Dalam analisis regresi poisson, variabel terikat harus memenuhi asumsi yaitu nilai variansi sama dengan rata-ratanya. Namun dalam analisisnya hal yang terkadang terjadi adalah variansi dari variabel terikatnya lebih besar dari pada rata-ratanya yang disebut dengan overdispersi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan data kasus AFP di Indonesia tahun 2016. Estimasi parameter menggunakan metode Maximum log Likelihood Estimation (MLE). Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap data kasus AFP adalah persentase penduduk miskin , persentase kepadatan penduduk, persentase imunisasi , dan jumlah anak-anak yang berumur lebih dari satu tahun . Kata kunci: AFP, Overdispersi, Regresi Poisson Tergeneralisir.

Item Type: Article
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 03 May 2023 07:16
Last Modified: 03 May 2023 07:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70450

Actions (login required)

View Item View Item