Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMBINASI BIOCHAR SEKAM PADI DENGAN PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH IKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

Rohaya Kastina, - (2023) KOMBINASI BIOCHAR SEKAM PADI DENGAN PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH IKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)

Abstract

KOMBINASI BIOCHAR SEKAM PADI DENGAN PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH IKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.) Rohaya Kastina (11980222516) Di bawah Bimbingan Bakhendri Solfan dan Ervina Aryanti INTISARI Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi tanaman tomat yaitu dengan pemberian pembenah tanah biochar sekam padi dan pupuk organik cair limbah ikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan dosis terbaik dari kombinasi pemberian biochar sekam padi dengan POC limbah ikan terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman tomat (Lycopersicum esculen Mill). Penelitian ini telah dilaksanakan di Lahan Percobaan dan Laboratorium Agronomi dan Agrostologi Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Perternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pada bulan September Sampai Bulan Januari 2023. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari 7 taraf perlakuan yaitu (NPK(sesuai anjuran), Biochar 30 g + POC 4,5%, Biochar 55g + POC 4,5 % , Biochar 80 g + POC 4,5 %, Biochar 105 g + POC 4,5 %, Biochar 130 g + POC 4,5 %, Biochar 155 g + POC 4,5%) Diulang sebnyak 5 kali. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, diameter batang, umur muncul bunga, jumlah buah pertanaman, berat buah pertanaman, berat buah perbuah dan berat segar tanaman. Hasil penelitian menunjukkan pemberian pemberian kombinasi biochar sekam padi dengan pupuk organik cair limbah ikan memberikan pengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, diameter batang, umur muncul bunga, jumlah buah pertanaman, berat buah pertanaman, berat buah perbuah dan berat segar tanaman. Pemberian perlakuan Biochar 155 g + POC 4,5% memberikan respon terbaik pada pertumbuhan dan produksi tanaman tomat. Kata Kunci: amelioran, hara esensial, tanah PMK, tomat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 04 May 2023 03:13
Last Modified: 04 May 2023 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/70437

Actions (login required)

View Item View Item